Kamis 12 Jul 2012 03:35 WIB

Perayaan Lima Dekade James Bond yang Penuh Gaya

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: M Irwan Ariefyanto
Pameran James Bond di London
Foto: Sang Tan/AP
Pameran James Bond di London

REPUBLIKA.CO.ID,Sejak pertama muncul di layar kaca, James Bond mengalami banyak transformasi. Namun, jagoan yang satu ini memiliki ciri melekat, flamboyan dan fashionable. Bond juga dikenal sebagai jagoan dengan peralatan canggih dan yang pasti dia punya kelas tersendiri untuk urusan gaya.

Menandai 50 tahun James Bond di layar kaca, (pertama kali film Bond muncul pada 1962, Dr No) bertempat di London Barbican Centre, Inggris, digelar pameran barang-barang ikonik dari film-film Bond.

Dibuka pada 5 Juli 2012, pameran ini akan berlangsung hingga akhir September 2012. Penyelenggara pameran mendapatkan akses penuh dari EON Productions yang selama lima dekade memproduksi film-film Bond. EON Productions jugalah yang menerjemahkan cerita Bond dari lembaran novel karya Ian Flemming menjadi cerita di layar bioskop.

Lima dekade, enam aktor yang berperan sebagai James Bond dan musuh-musuh canggih, film-film ini mempunyai banyak benda memorabilia. Pameran ini juga menampilkan berbagai set yang khusus dibangun untuk adegan film, mobil, dan ken da raan lain serta gadget-gadget yang pernah tampil dalam film. Termasuk berbagai special effect ciptaan John Stears dan Chris Cobould.

Bicara James Bond pastinya bicara soal jas dan tuksedo. Selama ini sederet desainer kelas dunia ada di balik setelan-setelan necis Bond juga pada kostum yang dipakai gadis-gadis Bond. Sebut saja Giorgio Armani, Roberto Cavallum Tom Ford, Given chy, Gucci, Donatella Versace, Miuc cia Prada, dan Oscardela Renta.

Deretan senjata yang digunakan Bond atau musuhnya juga akan di tampilkan di sini. Termasuk berbagai gadget dan peralatan yang muncul dalam film Bond terbaru, Sky Fall, yang baru akan rilis pada Oktober 2012.

Pameran ini bertajuk “Designing 007: 50 Years of Bond Style” dirancang oleh Ab Rogers, dikuratori oleh sejarawan Bronwyn Cosgrave, dan desainer kostum peraih Oscar Lindy Hemming.

Pintu masuk ruang pameran dirancang berbetuk seperti laras senapan. Usai melalui pintu ini, pengunjung memasuki ruangan menyerupai bagian dari Fort Knox (tempat penyimpanan emas di Amerika) dengan lempengan logam menghiasi salah satu dinding dari lantai ke langit-langit.

Pengunjung bisa menemui replika aktris Jil Masterson dalam sebuah adegan tak terlupakan dalam Goldfinger yang rilis tahun 1964. Dalam adegan ini, gadis Bond ditemukan tewas dengan tubuh yang dilapisi emas.

Ada juga patung lilin aktor Sean Connery yang berdiri di samping ikon film James Bond yang rilis 1964, yakni mobil mewah, Aston Martin DB5. Tuksedo hitam Daniel Craig dalam Quantum of Solace, paspor 007 milik Pierce Brosnan, pistol emas Chris topher Lee dalam The Man with the Golden Gun cuma beberapa di antara koleksi yang dipajang. Tak lupa sepatu yang dilengkapi pisau milik Rosa Klebb dalam From Russia With Love.

Desainer kostum beberapa film Bond, Lindy Hemming, mengatakan, pameran ini berkaitan erat dengan desain film. Sekitar 400 ikon adalah properti milik EON Productions yang telah dikumpulkan bertahun-tahun. “Kami mencoba mengambil objek menarik yang akan membantu pe ngunjung memahami desain dalam film dan berbagai objek dari gadget, pakaian, perhiasan, serta gambar indah dari set dan karya seni,” ucapnya seperti dikutip Daily Mail.

Dalam acara tersebut, hadir pula para pekerja film James Bond yang telah setia bertahun-tahun. Tiap tamu diberi “paspor 007” di mana benda ini menjadi akses ke semua area. Dalam beberapa kesempatan khusus, pameran ini juga akan menghadirkan bintang tamu dari film-film Bond terdahulu. Beberapa tamu yang hadir, antara lain Norman Wanstall, John Glenn, David Arnold, Neal Purvis, Rob Wade, Arthur Wooster, Anthony Waye, John Richardson, Chris Corbould, dan Debbie McWilliams.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement