Senin 02 Jul 2012 20:43 WIB

Polisi Berbadan Gendut Bakal Dipecat

Polisi Pakistan
Polisi Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID -- ISLAMABAD -- Tak hanya dianggap korup dan tidak efektif, berat badan polisi di Pakistan kini juga menjadi bahan pergunjingan. Pasalnya, berat badan polisi di Pakistan dianggap tidak ideal bagi seorang petugas keamanan.

Kepolisian Punjab, Pakistan, mengeluarkan aturan baru terkait dengan berat badan personelnya. Para polisi hanya diberikan dua pilihan, diet untuk menurunkan berat badan, atau mengajukan pensiun dini.

Kebijakan itu dilakukan lantara hanya seperempat dari 19 ribu petugas di Provinsi Punjab yang lulus tes kebugaran. Tiga perempat sisanya tak lolos tes karena obesitas.

The News melaporkan, polisi gendut dianggap kurang pas untuk menjaga provinsi paling padat penduduknya di Pakistan tersebut. Kebijakan itu bukan gertak sambal belaka. Para personel polisi maksimal hanya boleh punya lingkar pinggang 38 inci pada akhir bulan ini. Mereka yang gagal melakukan diet, bakal diberhentikan dari tugas lapangan.

Montoknya badan para polisi di Pakistan telah menjadi sasaran empuk para pewarta. Para polisi berbadan tambun itu tersorot dan terekam kamera televisi sedang tertidur di kursi, berbicara di telepon, dan berdiri dengan perut membuncit.

Inspektur Jenderal Polisi Punjab, Habib ur-Rehman, bahkan menyatakan, akan membuat kantornya hanya diisi perwira yang fit dan cocok untuk melawan kejahatan. Tak pelak kebijakan itu membuat para perwira keberatan dengan tes kebugaran itu. Pasalnya, beberapa atasan mereka terbebas dari kewajiban yang sama, padahal mereka lebih tambun dari polisi yang ikut tes.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement