Selasa 26 Jun 2012 06:45 WIB

Din Syamsuddin Dukung Penuh Film 'Bait Surau'

Film Bait Surau
Foto: ist
Film Bait Surau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film bernafaskan Islam, 'Bait Surau' mendapat dukungan penuh dari Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin. Hal itu diungkapkan Din dalam acara Tanwir Muhammadiyah di Bandung, Kamis (21/6) lalu.

Menurut Din, seperti yang diutarakan produser sekaligus sutradara film Bait Surau, Kuswara Sastra Permana, film-film seperti 'Bait Surau' memang dinantikan oleh banyak umat islam di Indonesia, khususnya para warga Muhammadiyah.

Din pun berharap film 'Bait Surau' dapat mengulang kesuksesan film 'Sang Pencerah' yang menceritakan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan.

"Film ini mendapat support dari Muhammadiyah. Beliau (Din Syamsudin) berharap film ini bisa sukses," ungkap Kuswara.  

 

Tidak hanya dari sisi cerita, Kuswara melanjutkan, kegembiraan Din atas hadirnya film 'Bait Surau' juga karena nantinya sebagian hasil dari penjualan film akan disumbangkan untuk aksi sosial. Yakni merenovasi sarana ibadah dan sekolah diberbagai daerah tertinggal.

"Ini konsep berbeda dengan produksi film kebanyakan. Hasil keuntungan dari film ini nanti sebagian akan disumbangkan untuk kegiatan sosial," terang Kuswara. "Kita fokuskan untuk renovasi sekolah dan surau (masjid kecil). Nanti kita akan mendata dahulu mana saja yang berhak untuk direnovasi," tambahnya.

'Bait Surau' bercerita tentang Rommy (Rio Dewanto), seorang laki-laki yang tidak pernah mensyukuri hidupnya. Kehidupan malam dan perselingkuhan selalu menghiasi kehidupannya sehari-hari. Padahal Rommy telah memiliki istri yang soleh, Nadia (Nadia Vella).

Suatu ketika Rommy dan Nadia mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan Nadia tewas. Mendapati kejadian ini, Rommy mulai gusar. Ia pun melakukan perjalanan ke sebuah desa di pesisir. Disana ia menemukan sesuatu yang menuntunkannya untuk memperbaiki hidupnya.

“Ada sedikit perbedaan, tapi tidak terlalu jauh antara di film dan di novel. Di novel itu lebih detail, tapi kita menggambarkan apa yang saya inginkan dalam cerita itu. Tetapi pada intinya, inti dari cerita itu (dalam novel) sudah bisa tergambarkan di dalam film,” jelas Kuswara.

Selain Rio Dewanto dan Nadia Vella, Bait Surau juga dibintangi oleh sejumlah nama seperti Ihsan Tarore, Taufan Purbo, Wenny, Nurul, Melisa, Cok Simbara, Astri Nurdin dan Gatot Brajamusti.

Film 'Bait Surau' direncanakan tayang pertengahan Juli mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement