Jumat 22 Jun 2012 22:14 WIB

Ambisi Batam, Pusat Jazz Asia Tenggara

Sejumlah musisi jazz yang akan tampil di ASEAN Jazz kelima pada Juni 2012
Foto: flickrhivemind.net
Sejumlah musisi jazz yang akan tampil di ASEAN Jazz kelima pada Juni 2012

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -  Pulau Batam diharapkan menjadi pusat musik jazz di kawasan Asia Tenggara. Lokasinya yang berada di wilayah batas negara, menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sapta Nirwandar, sangat strategis,

"Dengan adanya pagelaran musik jazz tahunan seperti ASEAN Jazz Festival, Pemerintah berharap Batam bisa jadi pusat jazz untuk kawasan ASEAN," kata Sapta Nirwandar saat membuka rangkaian acara ASEAN Jazz Festival di Harbour Bay, Batam, Jumat (22/6).

Sapta mengatakan, pelaksanaan ASEAN Jazz Festival yang kelima kalinya tersebut dilakukan untuk meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Batam. Dia berharap, dengan adanya pagelaran jazz terbesar kedua setelah Java Jazz Festival itu, jumlah wisatawan asing akan semakin banyak berkunjung ke Batam.

"Penyelenggaraan ASEAN Jazz Festival yang kelima ini bisa meningkatkan kunjungan turis lintas batas negara ke Indonesia, khususnya di Batam," katanya.

Sementara itu, musisi sekaligus Direktur Festival Dwiki Dharmawan mengatakan, perhelatan akbar musik jazz itu tidak hanya menampilkan musisi jazz dari kawasan ASEAN saja, melainkan juga sejumlah negara Eropa.

Sejumlah musisi ternama di Tanah Air yang meramaikan pesta musik jazz internasional itu, antara lain Donny Suhendra, Trie Utami, Dwiki Dharmawan, Yeppy Romero, dan Barry Likumahuwa. Sementara musisi jazz luar negeri yang akan tampil, antara lain Arnat Lawrongsikui (Thailand), Jeri De Leon (Filipina), Steve Thornton (Malaysia), Jeremy Tordjman (Prancis), dan Steve Rothmans (Kanada).

Menurut data Kemenparekraf, target wisatawan asing berkunjung ke Indonesia selama 2012 sebesar 1,25 juta turis. Pada 2011, kunjungan turis asing ke Batam mencapai puncaknya pada Juli, yang bertepatan dengan penyelenggaraan ASEAN Jazz Festival keempat.

Angka itu menunjukkan bahwa pelaksanaan ASEAN Jazz Festival menjadi faktor peningkatan kedatangan turis asing ke Batam. ASEAN Jazz Festival 2012 akan diselenggarakan selama dua hari, 22-23 Juni, di Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement