Selasa 19 Jun 2012 23:45 WIB

Tanpa Jason Bourne, Film Bourne Legacy Dibuat

Rep: setyanavidita livikacansera/ Red: M Irwan Ariefyanto
bourne legacy
Foto: ap
bourne legacy

REPUBLIKA.CO.ID,Lima tahun lalu, Jason Bourne (Matt Damon) akhirnya mendapatkan jawaban atas apa yang menimpanya. Ia menerima kenyataan bahwa dia pembunuh bayaran kelas kakap “ciptaan” operasi militer Amerika yang didalangi CIA. Bourne yang ternyata memiliki nama asli David Webb akhirnya memutuskan untuk meneruskan hidup.

Gaung film Bourne Legacy sudah terdengar belakangan ini. Meski nanti tak akan ada lagi Bourne yang bisa melumpuhkan musuh hanya dengan gulungan koran atau sebatang pulpen. Tokoh Bourne digantikan oleh Aaron Cross yang diperan kan Jeremy Renner.

Renner yang baru saja bermain dalam The Avenger itu menggantikan Damon yang merasa sudah cukup bermain dalam tiga film Bourne. Dalam sebuah wawancara, Damon (41 tahun) mengungkapkan, tidak lagi ingin bermain di terusan film laris ini. Faktor usia juga men jadi pertimbangan bagi Damon dalam mengambil langkah ini.

Namun, keputusan sahabat karib Ben Affleck itu tidak menghentikan pihak Universal Pictures untuk melanjutkan film yang diadaptasi dari novel karangan Robert Ludlum ini. Agen Aaron Cross pun dibuat untuk menjadi tokoh utama di sekuel ketiga yang rencananya akan rilis pada Agustus.

Cross dikisahkan sebagai agen rahasia dengan program yang sama seperti Jason Bourne, yaitu Treadstone. Sama seperti Bourne, Cross merasa keselamatannya terancam saat pemerintah menghabisi seluruh orang yang terkait program rahasia yang gagal ini.

Tak hanya Cross, nyawa seorang ilmuwan, Martha (Rachel Weisz), juga ikut terancam karena terlibat dengan program tersebut. Aaron pun mengajak Martha melarikan diri demi bertahan hidup.

Secara garis besar, Bourne Legacy rupanya memiliki alur cerita yang teramat mirip dengan ketiga film pertamanya. Kehadiran tokoh Agen Byer (Edward Norton) yang ditugasi untuk membunuh Cross dan Martha menjadi inti cerita film yang mulai digarap pertengahan tahun 2011 ini.

Tony Gilroy yang menyutradarai film ini menegaskan, Bourne Le gacy bukanlah film reboot yang seakan mengulang kembali kehidupan Jason Bourne, melainkan masih menjadi bagian dari dunia “Bourne” sendiri.

Pelintiran dari novel

Langkah Universal untuk menghadirkan tokoh baru dalam serial “Bourne” termasuk berani. Tokoh Cross sebenarnya tidak ada dalam cerita original dalam novel. Di novel aslinya, tokoh Bourne masih sebagai pemeran utama dalam cerita.

Bourne diceritakan kembali ke kehidupan lamanya dan hidup dengan identitas aslinya, yakni David Webb. Ia mencoba menjalani hidup tenang dengan bekerja sebagai pengajar jurusan bahasa di Georgetown University. Sampai satu tembakan tersembunyi nyaris menembus ke palanya. Insting bertahan hidup sebagai seorang Jason Bourne pun kembali mencuat.

Setelah Bourne Legacy, petualangan Bourne akan terus dilanjutkan oleh empat buku lagi, yakni The Bourne Betrayal, Bourne Sanction, Bourne Deception, Bourne Objective, dan Bourne Dominion.

Keputusan untuk membuat alur cerita yang jauh berbeda dari novel untuk cerita kehidupan Jason Bourne bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, di Bourne Supremacy, tokoh Marie yang menjadi istri Bourne dibuat meninggal akibat tembakan nyasar salah satu pemburu yang mengincar nyawa Bourne. Sedangkan, di novel, tokoh Marie digambarkan tetap menjadi pendamping setia Bourne. Bahkan,mereka memiliki dua anak yang diberi nama Jamie dan Alyssa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement