Rabu 06 Jun 2012 12:17 WIB

Mengkaji Islam Indonesia dari Berbagai Sisi

Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia
Foto: dokpri
Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Inilah buku tentang kajian Islam Indonesia dengan penghampiran dari berbagai sisi: sejarah, sosial, politik, psikologis dan budaya.

Buku ini mendiskusikan tema-tema keislaman Indonesia dalam ragam persoalan dan perspektifnya. Pembahasan buku ini bersifat tematis, di dalamnya menampilkan gagasan-gagasan orisinal dan analisis kritis atas persoalan-persoalan psikososial dalam sejarah dan sosiologi Indonesia seperti tentang Islamisasi, peranan ulama dalam sejarah, kelas menengah Muslim, sekularisasi, pluralisme, terorisme, Islam liberal, pornografi dan lain-lain.

Diharapkan buku ini mewakili pandangan yang tidak ditemukan dalam samudera diskursus Islam Indonesia. Buku ini berisi tentang sejarah sosial budaya Islam Indonesia dalam bentang waktunya yang panjang sejak masuknya, masa Islamisasi hingga masa kontemporer.

Sangat berguna bagi para peminat studi-studi Islam dan para mahasiswa sejarah, sosiologi dan politik yang menjadikan Islam sebagai tema kajiannya. Buku ini bukan buku sejarah kronologis melainkan bacaan kritis atas sejarah, sosiologi dan masalah-masalah aktual Islam di Indonesia.

Buku ini adalah sebuah perspektif dalam membaca Islam Indonesia yang dewasa ini semakin menarik  perhatian dunia. Gambaran tentang Islam Indonesia, dalam banyak hal, didominasi oleh pandangan arus utama yang diproduksi kaum intelektual dan diterima sebagai “konvensi kebenaran.”

Idealnya, melalui buku ini penulis ingin melihat celah-celah yang tidak terwakili (subaltern) sebagai pemberontakan gagasan untuk menemukan alternatif pandangan dari pemikiran konvensional yang diterima luas.

Yudi Latif yang memberikan pengantar menambah nilai buku ini dan menjelaskan posisi penulis buku dalam pertarungan wacana. Mudah-mudahan memberikan pencerahan, menegaskan jatidiri dan memuaskan dahaga para pencinta bacaan kritis.

Judul:  Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia

Penulis: Moeflich Hasbullah

Penerbit Pustaka Setia, April 2012, 392 hal.

Pengantar: Dr. Yudi Latif

Harga Rp. 50.000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement