Sabtu 26 May 2012 09:04 WIB

Mau Belajar Fotografi? Ke Kota Tua, Yuk

Rep: Aldian Wahyu / Red: Endah Hapsari
salh satu sudut Kota Tua di malam hari
Foto: duniaeri
salh satu sudut Kota Tua di malam hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ingin mencari objek yang indah untuk belajar fotografi? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Datang saja ke kawasan Kota Tua, Jakarta. Dengan sejumlah bangunannya yang berumur dari zaman kolonial Belanda, tak pelak inilah objek foto menarik bagi fotografer profesional dan pemula. 

Beberapa fotografer senang menjadikan tempat tersebut sebagai objek karena banyak objeknya."Foto-foto disana enak karena banyak yang bisa dijadikan objek foto," kata Bey, fotografer yang sering menjadikan kota tua objek fotografinya.

Ada juga seorang fotografer yang ikut-ikutan saja foto-foto di sana. "Banyak teman-teman saya yang menjadikan kota tua sebagai objek fotografi. Yah saya jadi tertarik,"ujar Auliano, seorang fotografer profesional.

Keeksotisan dan kekunoan tempat tersebut membuat fotografer senang menjadikan tempat tersebut sebagai objek foto. "Belajar fotografi disini adalah tempat yang tepat. Ada yang daerah gelap atau tempat tertutup dan ada juga yang terbuka di tempat terang,"ujar Bey.

Di Kota Tua tidak semua tempat gratis untuk dijadikan tempat fotografi. "Yang di tempat tertutup atau masuk ke daerah tertentu harus bayar. Bisa sampai juta-jutaan lagi,"ujar Lydia, seorang mahasiswi.

Para fotografer yang ingin menjadikan fotografi sebagai jalan hidup banyak yang belajar fotonya di Kota Tua. "Karena teman-teman saya yang fotografer banyak yang saat-saat awalnya belajar disini. Saya disarankan oleh teman-teman saya untuk belajar disini," kata Auliano.

Fotografer paling banyak datang saat hari libur. "Kalau hari biasa kan kerja dan kuliah jadi ya yang paling banyak saat hari libur," kata Bey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement