Ahad 20 May 2012 07:19 WIB

Hentakan Drum Warnai Lomba Marawis

Marawis
Foto: Antara
Marawis

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hentakan drum di tangan profesional ternyata membuat seni marawis menjadi lebih berwarna. Sehingga, gerakan tari pun menjadi semakin dinamis.

Hal ini terlihat dalam penyelenggaraan lomba 'Marawis Free Style". Acara yang diselenggarakan dalam rangka Festival Baitul Amin ini digelar di surau mereka di kawasan Parung, Bogor, semalam.

"Kami sebut free style karena peserta dibebaskan untuk mempergunakan instrumen pendukung di luar instrumen yang sudah menjadi pakem (syarat) dalam seni marawis," kata wakil pengurus Surau Baitul Amin, Rahman I Moenggah.

Rahman mengatakan lomba free style marawis ini sudah ketiga kalinya diselenggarakan. Pesertanya semakin bertambah. Variasi yang dibawakan juga semakin beragam.

Sebenarnya kelompok musik bernafaskan Islam, Debu dan Ligro, seringkali membawakan lirik dengan irama marawis. ''Dalam festival ini, mereka sengaja kami undang sebagai juri dalam lomba marawis free style,'' katanya.

Hadir juga sebagai juri vocalis kelompok musik J Rock, Iman Taufik, yang turut juga memberikan sumbang saran kepada peserta free style marawis. Iman menyarankan peserta memberikan sentuhan musik yang lebih dinamis.

"Saya tidak menyangka ternyata banyak potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan dari para peserta lomba,'' katanya. ''Mereka mampu menciptakan inovasi yang membuat saya kagum." 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement