Sabtu 19 May 2012 14:14 WIB

Nenek 73 Tahun Pecahkan Rekor Capai Puncak Everest

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Taufik Rachman
Puncak Gunung Everest
Puncak Gunung Everest

REPUBLIKA.CO.ID,JAPAN -- Tame Watanabe, nenek berusia 73 tahun memecahkan rekor sebagai wanita tertua yang mencapai puncak tertinggi di dunia, Puncak Everest.

Diusianya yang tidak lagi muda, wanita yang berasal dari Negeri Matahari Terbit ini berhasil memecahkan rekor yang diciptakannya sendiri pada Mei 2002 lalu, ketika usianya baru mencapai 63 tahun.

Seperti dilaporkan oleh kantor berita Jepang, Kyodo. Watanabe adalah seorang pensiunan dari perkantoran swasta. Ia juga merupakan pendaki gunung veteran yang telah menaklukkan puncak-puncak tertinggi didunia.

Pendakian kedua kalinya ke puncak setinggi 29 ribu meter di atas permukaan laut (dpl) tersebut dilakoninya sendiri melalui jalur utara pegunungan Tibet.

Dirinya sendiri menargetkan untuk sampai di Puncak Everest tersebut pada Jumat (18/5) kemarin, namun gagal karena cuaca yang tak dapat diterka di ketinggian tersebut.

Setelah ada laporan cuaca yang baik, kata dia Jumat petang dirinya memberanikan diri untuk mulai mendaki ke arah puncak. "Sabtu pagi saya sudah berada di sini (Puncak Everst)," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement