Jumat 27 Apr 2012 08:30 WIB

Film Bait Surau Meriahkan Libur Lebaran Tahun Ini

Kuswara Sastra Permana
Kuswara Sastra Permana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim libur lebaran merupakan momen yang pas bagi sejumlah rumah produksi Indonesia untuk meluncurkan film terbaiknya. Untuk tahun ini, sebuah film bernafaskan religi telah mengambil ancang-ancang untuk tayang di momen tersebut.

Adalah sebuah film yang diangkat dari novel, 'Bait Surau'. Film yang dibintangi Rio Dewanto, Ihsan Tarore, Nadia Vella, Cok Simbara, Astri Nurdin dan lain-lain ini direncanakan tayang jelang hari raya Idul Fitri.

"Rencananya kita akan tayang di seminggu sebelum Idul Fitri," ujar Produser sekaligus Sutradara film 'Bait Surau', Kuswara Sastra Permana, Kamis (26/4).

Membuat film bernafaskan religi (Islam), kata Kuswara, memiliki nilai abadi dalam film. Pasalnya, cerita dalam film ini mengandung nilai kehidupan yang tak lekang oleh waktu.

"Jadi film ini ada pesan moral, skenario film ini punya tujuan. Ibaratnya saya investasi waktu yang cukup panjang," terang Kuswara."Kapanpun film ini ditonton, minimal ada pesan moral yang berbekas di ingatan penonton. Sedangkan masalah komersil atau tidak bukan menjadi target utama," kata bakal calon Bupati Kuningan ini.

Kuswara juga berharap film ini menjadi penghubung bagi negara-negara islam diluar Indonesia.

"Film ini juga melibatkan kerjasama dengan negara Islam, salah satunya Brunei. Rencananya film ini akan tayang lebih dulu di Brunei. Film ini juga mendapat respon positif dari Sultan Brunei," ujar pria kelahiran Kuningan, 10 April 1975 ini.

'Bait Surau' bercerita tentang Rommy (Rio Dewanto), seorang laki-laki yang tidak pernah mensyukuri hidupnya. Kehidupan malam dan perselingkuhan selalu menghiasi kehidupannya sehari-hari. Padahal Rommy telah memiliki istri yang soleh, Nadia (Nadia Vella).

Suatu ketika Rommy dan Nadia mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan Nadia tewas. Mendapati kejadian ini, Rommy mulai gusar. Ia pun melakukan perjalanan ke sebuah desa di pesisir. Disana ia menemukan sesuatu yang menuntunkannya untuk memperbaiki hidupnya.

“Ada sedikit perbedaan, tapi tidak terlalu jauh antara di film dan di novel. Di novel itu lebih detail, tapi kita menggambarkan apa yang saya inginkan dalam cerita itu. Tetapi pada intinya, inti dari cerita itu (dalam novel) sudah bisa tergambarkan di dalam film,” jelas Kuswara.

Selain Rio Dewanto dan Nadia Vella, Bait Surau juga dibintangi oleh sejumlah nama seperti Ihsan Tarore, Taufan Purbo, Wenny, Nurul, Melisa, Cok Simbara, Astri Nurdin dan Gatot Brajamusti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement