Senin 23 Apr 2012 19:07 WIB

Alex Noerdin Siapkan Produksi Film Kolosal Sriwijaya

Rep: Maspril Aries/ Red: Djibril Muhammad
Cagub DKI Jakarta, Alex Noerdin (kanan).
Cagub DKI Jakarta, Alex Noerdin (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Sukses dengan film 'Pengejar Angin,' Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin bersiap memproduksi film berikutnya. Film 'Pengejar Angin' dengan sutradara Hanung Bramantyo pada FFI 2011 berhasil meraih Piala Citra untuk aktor pendukung terbaik atas nama Mathias Muchus.

Humas Pemerintah Provinsi Sumsel Irene Camelyn, Senin (23/4) mengatakan, "saat menerima apresiasi dan penghargaan dari sutradara Hanung Bramantyo dan aktor Mathias Muchus, Gubernur Alex Noerdin mengatakan rencana membuat Sumsel film berikutnya. Kali ini membuat film dengan tema kolosal."

Menurut Hanung, kesuksesan film 'Pengejar Angin' membuat dirinya tertantang untuk kembali membuat film daerah yang berlatar belakang kebudayaan Sumsel.

"Semua orang tahu bahwa Sumsel merupakan pusat salah satu kerajaan besar di Indonesia yakni Sriwijaya. Sekarang kami masih mengadakan riset dan penelitian. Kami sedang mempersiapkan untuk membuat sebuah film kolosal yang melibatkan masyarakat Sumsel," ujar Hanung.

Untuk film kedua yang akan mengangkat kebesaran Kerajaan Sriwijaya menurut Hanung dalam waktu dekat dirinya akan bertemu dengan seniman Sumatera Selatan guna membahas persiapan film tersebut. "Tentunya kami akan melibatkan sanggar-sanggar serta teater yang ada di Sumsel," katanya.

Sementara itu, film 'Pengejar Angin' yang mengambil lokasi pembuatan di Sumatera Selatan, menurut Humas Irene Camelyn, selain menyabet Piala Citra pada FFI lalu, kali ini kembali mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari penyelenggara  Festival Film Bandung (FFB).

"Pada FFB yang akan berlangsung 12 Mei mendatang di Bandung film Pengejar Angin masuk nominasi sebagai salah satu film terpuji dan Hanung Bramantyo masuk nominasi sutradara terpuji," ujarnya.

Atas leberhasilan film Pengejar Angin, sutradara Hanung Bramantyo bersama aktor Mathias Muchus memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Gubernur Alex Noerdin yang kini tengah mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

"Apresiasi dan penghargaan kami berikan kepada bapak Gubernur Sumsel Alex Noerdin karena jarang ada pejabat atau pimpinan yang memiliki kepedulian untuk membuat sebuah produk kebudayaan, seperti film," kata Hanung.

Aktor Mathias Muchus yang meraih penghargaan Piala Citra untuk kategori pemeran pendukung pria terbaik dalam FFI 2011 mengungkapkan, masyarakat Sumatera Selatan yang berhak mendapatkan gelar bergengsi tersebut.

"Piala Citra ini lebih layak diterima oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin sebagai figur pejabat yang bersih, tanpa basa-basi dan sangat peduli serta mengerti bahwa seni dan kebudayaan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari," kata aktor kelahiran Pagaralam, Sumsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement