Sabtu 21 Apr 2012 19:48 WIB

Gitaris Bert Weedon Meninggal Dunia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Heri Ruslan
Bert Weedon
Foto: mirror.co.uk
Bert Weedon

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Gitaris yang popular sebagai penulis buku panduan bermain gitar, Play In A Day, Bert Weedon, meninggal dunia pada usia 91 tahun. Eric Clapton, Paul McCartney, dan Brian May adalah para gitaris terkenal yang belajar bermain gitar dari buku ciptaannya.

Bert Weedon lahir di timur kota London pada 21 May 1920. Dia telah menderita sakit yang cukup lama dan meninggal di kediamannya, di Beaconsfield.

Dia telah dianugerahi sebagai OBE dalam Queen’s Birthday Honours List pada 2001, karena pengabdiannya di dunia music.

Gitaris grup band Queen, Brian May, mengatakan, seluruh sahabat-sahabat Weedon merasa sangat kehilangan. “Dia adalah orang yang paling murah hati yang pernah saya temui dalam hidup saya,” ujarnya.

Brian menambahkan, beliau tidak segan untuk mengajari orang baik secara privat maupun non privat. Dia tidak pernah menyimpan rahasia apapun dan beliau adalah orang yang sangat mendukung. “Seluruh gitaris di Inggris dari generasi saya yang berhutang budi kepada beliau,” ujar Brian.

Sementara itu, seorang penyanyi dan gitaris Joe Brown menggambarkan Weedon sebagai pribadi yang baik dan menjadi inspirasi bagi sebagian besar gitaris di Inggris, termasuk dirinya sendiri.

Sedangkan, seorang presenter Mike Read mengatakan, beliau adalah ayah bagi seluruh gitaris di Inggris dan dia adalah inspirasi bagi generasi-generasi muda. “Buku-buku dia sangat fantastik,” ujarnya.

Ketika berusia 12 tahun, Weedon mulai belajar memainkan gitar, setelah meyakinkan ayahnya untuk membeli gitar bekas dari sebuah pasar loak di London. Sejak kecil dia sudah belajar memainkan gitar klasik. Landasan itulah yang akhirnya membuat Weedon mampu memainkan jenis music apapun.

Banyak Diminati

Weedon memulai karier di dunia showbiz bersama dengan Ted Heath, Mantovani dan The Squadronnaires, sebelum akhirnya menjadi pemain gitar solo dengan BBC Show Band.

Sebagai gitaris solo, dia memiliki banyak hits, diantaranya Guitar Boogie Shuffle, Apache , dan Nashville Boogie. Pada 1976 dia menjadi gitaris solo pertama yang masuk dalam album top 40 dengan 22 penghargaan gitar emas.

Dia kemudian diminati oleh superstar seperti Sir Cliff Richard dan Tom Steele. Weedon juga menyertai artis-astis lain seperti Frank Sinatra, Tony Bennett, Rosemary Clooney, Nat King Cole, dan Judy Garland.

Sir Paul mengatakan, dia dan Gorge Horrison menggunakan buku panduan manual Weedon untuk belajar chord D dan A. Sedangkan John Lennon mengakui, buku Play In  A Day adalah acuan pertamanya saat belajar bermain gitar.

Buku tutorial ini diawali dengan ilustrasi yang sederhana dari gitar akustik dan elektrik, dan kemudian menunjukkan kepada pembaca bagaimana cara memegang alat instrument itu dengan benar. Buku tersebut terjual lebih dari 1 juta kopi dan sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. BBC.n.c52/rizky jaramaya

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement