Kamis 19 Apr 2012 14:47 WIB

'Ngehip-Hop' Ala Yogyakarta di TIM

Grup rap Jogja Hip Hop Foundation
Foto: Wahyu Putro/Antara
Grup rap Jogja Hip Hop Foundation

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kelompok musik beraliran hip hop yang tergabung dalam Jogya Hip Hop Foundation akan tampil dan menghibur khalayak Jakarta dalam konser yang bertajuk 'Newyorkarto' pada 27-28 April mendatang.

Keterangan pers dari pengelola Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta yang diterima oleh ANTARA di Jakarta, Kamis menjelaskan, konser yang dijanjikan bakal berlangsung energik itu juga akan diramaikan oleh Kua Etnika, Soimah Pancawati, Saykoji, Iwa K, Butet Kartaredjasa dan Ki Catur 'benyek' Kuncoro.

Pagelaran yang ditata musiknya oleh Djaduk Ferianto tersebut merupakan konser hip hop yang pertama di Indonesia yang memadukan musik hip hop dengan orkestrasi musik gamelan dan string orkestra. Bahkan, pada konteks pertunjukan musik dunia, memadukan gamelan dan orkestra ke dalam musik hip hop, juga boleh dibilang pertama kali dilakukan.

Dalam konser NewYorkarto ini, semua elemen artistik dan musik membangun sebuah struktur pertunjukan yang berkesinambungan, yang alurnya disusun dari lagu-lagu karya Jogja Hip Hop Foundation.

Alur pertunjukan itu menggambarkan perjalanan Jogja Hip Hop Foundation (JHF) sebagai satu kelompok musik hip hop dalam membangun mimpi dan idealisme bermusiknya, suka-dukanya, juga pertumbuhan dan pencapaian musikalnya, akar tradisi yang membentuk dan memberinya semangat bermusik sampai pergaulannya dengan musik-musik (hip hop) dunia.

Ini menjadi semacam konser restrospektif perjalanan karier dan musikal JHF sejak mulai manggung di panggung-panggung kecil di kampung-kampung Jogja, hingga akhirnya mampu manggung di jantung musik hip hop dunia: New York. Ini sebuah kisah tentang bagaimana upaya keras dan konsistensi meraih mimpi sembari terus meyakini idealisme bermusik yang diyakini.

Ini menjadi sebuah refleksi juga: tentang jalan bermusik yang bisa dijalani dengan berbagai cara dan keyakinan. Semangat itulah yang ingin dijadikan inspirasi bersama dalam konser ini. Terbagi atas lima fragmen, masing-masing fragmen akan menampilkan alur perjalanan JHF dari Yogyakarta hingga meraih mimpi tampil di New York.

JHF dan artis pendukung lainnya akan mencoba memuaskan masyarakat pecinta musik dalam konser yang akan berlangsung di Graha Bhakti Budaya (GBB), Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 27 April hingga 28 April 2012 mulai Pukul 20.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement