Selasa 17 Apr 2012 03:00 WIB

Bisnis Spa di Indonesia Meningkat

Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Pertumbuhan bisnis spa di Indonesia kian meningkat setiap tahun karena animo masyarakat di penjuru Nusantara untuk mendapatkan tubuh yang sehat semakin besar.

Spesialis dan Konsultan Spa Rumah Cantik Citra, Andi Armin, di Surabaya, Senin menjelaskan, saat ini kesadaran masyarakat Indonesia, terutama perempuan terhadap manfaat spa sangat tinggi meskipun secara pertumbuhan angka pastinya belum ada data pasti.

"Tapi kini tidak hanya perempuan Indonesia yang suka datang untuk menikmati spa karena kaum adam juga banyak. Bahkan, banyak hotel di Jakarta yang menyediakan perawatan spa di mana 80 persen konsumennya adalah laki-laki," katanya pada pembukaan Rumah Cantik Citra dengan Nuansa Baru, di Jalan Raya Gubeng Surabaya.

Akan tetapi, ungkap dia, perawatan yang dipilih oleh para pria peminat spa mayoritas layanan untuk pijat kaki dan pijat tangan, sedangkan kaum perempuan justru menyukai "body spa".

Ia mencontohkan, tempat perawatannya di Cabang Surabaya terdapat layanan yang menggabungkan teknik siatsu (Jepang), teknik tuina (China), pijat tradisional (Indonesia), dan gerakan memakai telapak tangan (Swedish).

"Apalagi, kini bisnis spa sangat berkembang menyusul di setiap daerah memiliki tradisional spa masing-masing," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement