Kamis 29 Mar 2012 10:41 WIB

Tips Sukses Ical Berbisnis: Jangan Hitung Isi Kantong Orang

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Aburizal Bakrie
Aburizal Bakrie

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Aburizal Bakrie, pengusaha ternama nasional, berbagi tips sukses kepada para mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Menurut pria yang akrab disapa Ical tersebut, ada tiga hal yang harus dilakukan oleh setiap orang yang menginginkan kesuksesan dalam kewirausahaan.

Pertama, pebisnis dilarang menghindari kesulitan karena kesuksesan tidak terlepas dari kegagalan. "Di dalam hidup itu, pasti ada jatuhnya, pasti ada gagalnya, baik itu dalam berbisnis, keluarga, jabatan dan sebagainya. Kita mesti bangkit kembali," kata Aburizal saat memberikan kuliah umum kewirausahaan di auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan IPB.

Tips kedua adalah pebisnis dilarang menghitung isi kantong orang lain. Dalam berbisnis, wirausahawan harus fokus pada diri sendiri dan apa yang sedang dilakukan. Mereka juga jangan menyerah.

Yang terakhir adalah bermimpi. Mimpi ini, kata Ical, harus diterjemahkan dalam rencana, ditawarkan dan bekerjasama dengan orang lain. "Jangan tempatkan diri dalam kegelapan dan belajarlah dari contoh yang ada," ujar Aburizal yang juga menjabat Ketua Umum Partai Golkar ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement