Ahad 11 Mar 2012 10:09 WIB

Motivasi Generasi Muda dalam Mengatasi Kriminalitas

Menurut wikipedia Bahasa Indonesia, kriminalitas memiliki arti yaitu segala sesuatu yang melanggar hukum, atau bisa dikatakan sebagai sebuah tindak kejahatan. Banyak faktor yang melatarbelakangi adanya tindak kejahatan tersebut, seperti minimnya tingkat pendidikan, jumlah lapangan pekerjaan yang terbatas, dan yang lebih parah lagi terdesaknya kebutuhan ekonomi.

Dengan berkembangnya teknologi dan modernisasi, seharusnya dapat memajukan kesejahteraan umat di seluruh kawasan Indonesia. Tetapi, kenyataannya modernisasi tersebut hanya dirasakan oleh kelompok-kelompok tertentu yang mempunyai wewenang dan jabatan, sedangkan masyarakat lain malah semakin miskin dan kelaparan.

Kriminalitas yang sangat parah dan tidak pernah terselesaikan sampai saat ini adalah korupsi. Entah skenario apa yang telah terjadi di lembaga petinggi negara, sehingga kasus besar seperti itu tidak pernah tuntas, malah semakin membudaya.

Tindak kejahatan atau kriminalitas, memang bisa terjadi dimana saja dan dalam keadaan apapun juga dan bisa dilakukan pula oleh orang-orang berdasi. Akan tetapi, bukan berarti tak ada solusi untuk mengatasi permasalahan yang semakin pelik ini.

Perlu adanya kerjasama dari segala pihak yaitu pemerintah, aparat kepolisian dan masyarakat pada umumnya. Termasuk generasi muda, untuk menciptakankeadaan yang kondusif dan rasa aman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dengan adanya acara 11th Islamic Book Fair, dapat memberikan banyak manfaat. Contohnya seperti pendidikan moral, spiritual dan memberikan pencerahan dari berbagai permasalahan yang selama ini kita rasakan, khususnya masalah kriminalitas tadi.

Generasi muda, generasi masa depan, harus cerdas sehingga mereka memiliki semangat untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Dengan begitu, generasi-generasi muda dapat memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di Indonesia, khususnya kriminalitas.

Nina Komunikasi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement