Sabtu 18 Feb 2012 17:14 WIB

Benteng Vredeburg Sediakan 'Photospot' Maret Ini, Main Yuk

Museum Benteng Vrederburg
Foto: serba1000.wordpress.com
Museum Benteng Vrederburg

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta akan menyediakan ruangan "photospot" dan arena bermain bagi anak-anak pada Maret 2012. "Rencananya pada Maret mendatang akan dibuka ruangan 'photospot' untuk para pengunjung," kata Kepala Bagian Pendidikan Museum Benteng Vredeburg Suseno di Yogyakarta, Sabtu (18/2).

Menurut dia, ruangan itu nanti berisi patung replika sejumlah tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia. Replika tersebut berupa boneka sosok tokoh perjuangan, lengkap dengan baju kebesaran semasa hidupnya.

Ia mengatakan di ruangan "photospot" setiap pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang replika para tokoh pejuang itu. Untuk itu, berbagai macam ekspresi tokoh tersebut telah disiapkan oleh pengelola Museum Benteng Vredeburg.

"Untuk setiap sesi foto dengan replika tokoh itu, pengunjung dikenakan biaya, yang nantinya akan digunakan olehy pengelola museum untuk biaya operasional serta perawatan ruangan," katanya.

Menurut dia, ruangan itu digunakan sebagai salah satu fasilitas tambahan agar menarik minat pengunjung. Selama ini dalam sehari jumnlah pengunjung rata-rata mencapai 400 orang.

"Keberadaan ruangan 'photospot' ini diharapkan dapat mendongkrak jumlah kunjungan yang lebih banyak lagi," katanya. Selain itu, kata dia, di ruangan diorama tiga akan ditambahkan bagian untuk bermain anak.

Bagian bermain ini dibuat agar anak-anak yang mengunjungi museum itu tidak cepat bosan dengan diorama yang mendominasi ruangan. "Adanya ruangan 'photospot' dan arena bermain anak, diharapkan mengubah pandangan masyarakat bahwa tidak semua museum hanya sekadar menjadi tempat penyimpanan barang-barang kuno," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement