Sabtu 14 Jan 2012 16:34 WIB

Laskar Pelangi Go International, Andrea Hirata Impikan Nobel Sastra

Andrea Hirata
Foto: the-comics.com
Andrea Hirata

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Novelis terkemuka Indonesia,  Andrea Hirata mempunyai mimpi besar. Ia ingin menjadi orang Indonesia pertama yang meraih Nobel di bidang sastra melalui novel fenomenalnya, Laskar Pelangi.

"Saya seorang pemimpi dan tidak ada yang salah jika saya bermimpi," kata Andrea Hirata yang ditemui di Jakarta, Sabtu. Pernyataan laki-laki asal Belitung itu, tak hanya terucap begitu saja dari bibirnya.

Menurut dia dengan diterbitkannya The Rainbow Troops (edisi internasional dari Laskar Pelangi) oleh penerbit Farrar, Strauss and Giroux (FSG) membuka jalan agar bisa meraih penghargaan bergengsi itu.

"Penerbit itu bukan sembarang penerbit. Banyak peraih nobel yang karyanya diterbitkan oleh penerbit itu. Selain itu buku yang diterbitkan pun setelah melalui seleksi ketat," jelas Andrea.

Dengan demikian, langkah untuk meraih penghargaan itu semakin terbuka lebar. FSG adalah penerbit ternama yang berdiri sejak tahun 1946, dan merupakan penerbit yang paling banyak menerbitkan karya para pemenang Nobel Sastra.

Sebanyak 21 pemenang Nobel Sastra yang karyanya diterbitkan FSG antara lain TS Eliot, Pablo Neruda, Nadine Gordimer, Seamus Heaney, dan Mario Vargas Llosa yang mendapat Nobel Sastra 2010. Dengan kata lain, terbitnya novel ini adalah untuk pertama kalinya karya novelis Indonesia diterbitkan oleh penerbit terkemuka Amerika Serikat.

"Saya merupakan satu-satunya orang Indonesia yang bisa menembus penerbit itu," tukas dia tanpa bermaksud menyombongkan diri. Tahun lalu, Nobel sastra diraih penyair Swedia berusia 81 tahun Tomas Transtromer. Sastrawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, semasa hidupnya berkali-kali dinominasikan untuk meraih penghargaan bergengsi itu. Namun kandas karena kalah suara dari sastrawan lainnya. Hingga kini, belum ada lagi pemenang dari Asia sejak Gao Xingjian yang kelahiran China meraih hadiah itu pada 2000.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement