Ahad 11 Dec 2011 09:30 WIB

Pencipta Tokoh 'Robin' Tutup Usia

Rep: Ani Nursalikah/Meiliani Fauziah/ Red: Didi Purwadi
Jerry Robinson
Foto: AP/Mark Evanier
Jerry Robinson

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Jerry Robinson, komikus kawakan yang menciptakan sosok Robin dan The Joker dalam serial komik terkenal Batman, meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Keterangan keluarganya menyebutkan Robinson wafat di sebuah rumah sakit di New York pada Rabu (7/12) waktu setempat.

Pimpinan penerbit komik Batman 'DC Entertainment', Jim Lee mengatakan penggemar komik - utamanya komik Batman - harus berterimakasih kepada sosok Robinson. Setiap orang di dunia yang mencintai komik itu mestinya berhutang budi pada mendiang Jerry Robinson yang telah mewariskan karya-karyanya.

Robinson yang mulai serius menggambar komik saat usia 17 tahun itu disebut-sebut sebagai inovator dan pelopor dalam bercerita. Awal karier komikusnya diwarnai dengan cemohan terhadap karakter Joker yang dinilai konyol oleh komikus lain akibat penampilannya.

"Nama 'Joker' yang pertama kali muncul di pikiran. Selanjutnya, saya teringat permainan kartu,'' katanya dalam sebuah wawancara dengan BBC News.

Selain sosok Robin dan The Joker, Robinson ikut berperan dalam melukis tokoh-tokoh lain dalam serial Batman seperti Alfred yang dikenal sebagai pelayan setia sang jutawan Bruce Wayne. Sebelum meninggal, Robinson setia menjalani pekerjaannya sebagai pembuat kartun politik dan kartun editorial. Dia juga telah menerbitkan biografinya berjudul 'Jerry Robinson, Duta Besar Komik.'

Setelah meninggalkan aktivitas membuat komik serial Batman di awal 1940-an, Robinson menciptakan karakter komik lainnya. Pada 1950, dia menggambar komik dan kartun untuk poster pertunjukan teater Broadway.

Belakangan, Robinson sempat mengajar di Sekolah Seni Rupa New York. Robinson meninggalkan dua orang anak dan dua cucu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement