Ahad 30 Oct 2011 12:47 WIB

Tugu Proklamasi Karawang Tidak Terawat

Rep: Agung Sasongko/ Red: Chairul Akhmad
Tugu Proklamasi Rengasdengkok, Karawang, Jawa Barat
Foto: Facebook
Tugu Proklamasi Rengasdengkok, Karawang, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG – Kondisi Tugu Proklamasi Kemerdekaan RI di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sangat memprihatinkan. Padahal pembangunan tugu ini menghabiskan dana Rp 7 miliar.

Dari pantauan Republika.co.id, Ahad (30/10), tugu berupa patung empat lengan mengepal ini sekarang dijadikan tempat bermain anak-anak warga Kampung Bojong, Desa Rengasdengklok Selatan yang berada di sekitar lokasi proyek. Walhasil, aksi corat-coret tak terhindarkan.

Proyek pembangunan monumen yang mulai dibangun pada 1995 ini terletak di sebelah timur (100 meter) bangunan Tugu Kebulatan Tekad yang dibangun para pejuang pada 17 Agustus 1945.

Pemerhati sejarah, Alwi Shahab, menyayangkan warga Karawang yang tidak merawat Tugu Proklamasi. Padahal, tugu tersebut merupakan simbol perjuangan bangsa Indonesia menjelang kemerdekaannya. "Sebagai generasi penerus, seharusnya kita merawat bukan merusak," kata Abah, sapaan akrabnya.

Abah juga menyesalkan pemerintah setempat yang tidak menegur masyarakat yang melakukan aksi vandalisme terhadap peninggalan sejarah. "Pemerintah dan masyarakat diharapkan komitmennya untuk menjaga setiap peninggalan sejarah," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement