Selasa 30 Aug 2011 07:20 WIB

Untuk Hemat Energi, Perusahaan Jepang Instruksikan Pegawainya Seragam Potongan Rambutnya

Gaya potongan rambut 'hemat energi' ala karyawan Maeda Corp.
Foto: www.dailymail.co.uk
Gaya potongan rambut 'hemat energi' ala karyawan Maeda Corp.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO – Sebuah perusahaan konstruksi Jepang memerintahkan 2.700 stafnya untuk memiliki potongan rambut yang seragam. Potongan rambut tersebut diyakini bisa menghemat energi karena sang pegawai jadi tidak harus menghabiskan waktunya untuk melakukan blow-dry.

Berbasis di Tokyo, perusahaan Maeda Corporation mengumumkan langkah tersebut sebagai bagian dari kampanye nasional untuk mengurangi konsumsi energi. Langkah ini menyusul bencana nuklir di Fukushima pada Maret lalu. Jadi, gaya potongan rambut karyawan Maeda Corporation ini identik untuk membantu menghemat energi.

Lau, bagaimana model potongan rambut ‘hemat energi’ ala Maeda Corporation tersebut? Untuk karyawan prianya, potongan rambutnya adalah potongan pendek belah pinggir dengan sisi rambut sebelah kirinya lebih panjang dari sisi kanan.

Sementara, karyawan wanitanya diminta untuk memakai gaya potongan rambut 'cute' bob. Ada poninya yang dapat menyapu ke satu sisi.

Chizuru Inoue, juru bicara Maeda Corp, mengatakan kepada Daily Telegraph bahwa perusahaan mereka sangat perhatian untuk melindungi lingkungan.

‘’Karena itu, kami mendorong staf kami mengadopsi banyak tindakan ramah lingkungan,’’ kata Chizuru. ‘’Kami tidak punya datanya. Tapi kami percaya jika orang memiliki rambut pendek, maka mereka tidak perlu menggunakan pengering rambut begitu lama. Mereka juga akan menggunakan lebih sedikit air.’’

Ada keuntungan lain bagi karyawan. Menurut Chizuru, rambut pendek mudah dirapihkan kembali setelah acak-acakan karena si karyawan menggunakan topi atau penutup kepala lainnya.

Chizuru mengatakan banyak staf telah menanyakan informasi di mana mereka bisa memotong rambut dengan gaya ‘hemat energi’ tersebut. "Jika semua staf kami melakukan ini, maka itu dapat menghemat energi banyak sekali.’’

sumber : www.dailymail.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement