Kamis 25 Aug 2011 15:39 WIB

Dan Steve Jobs Pun Tinggalkan Kursi CEO Apple

Steve Jobs
Foto: AP PHOTO
Steve Jobs

REPUBLIKA.CO.ID, Steve Jobs, sang mastermind dibalik Apple telah menyatakan mengundurkan diri sebagai CEO perusahaan secara efektif sesegera mungkin. Mantan chief operating officer Apple, Tim Cook, telah disebut sebagai CEO yang baru, demikian pengumuman dewan direksi, Rabu.

Sedangkan Jobs ditunjuk sebagai ketua dewan direksi trsebut. "Saya selalu mengatakan jika tiba hari ketika saya tidak bisa lagi memenuhi kemampuan tugas dan harapan yang dimiliki seorang CEO Apple, maka andalah orang-orang yang pertama kali saya beri tahu." tulis Jobs dalam sebuah surat yang dilayangkan kepada dewan direksi Apple, Kamis (25/8). "Sangat disayangkan, hari itu telah tiba,"

Jobs telah didiagnosa dengan kanker pankreas langka pada 2004 silam. Pada Januari tahun ini, Jobs menarik posisi untuk 'fokus' pada kesehatannya. Namun hingga kini ia selalu menolak memaparkan kondisinya.

Di bawah Jobs, Apple telah mengantarkan inovasi beragam, mulai magic mous yang dioperasikan oleh antarmuka pengguna hingga pemutar media saku iPod, yang menciptakan revolusi musik digital. Perusahaan ini pulalah yang meluncurkan komputer tablet yang popular, iPad, yang memicu bisnis media kembali berproses dalam penemuan dan investasi.

Juga sebagai CEO dalam Pixar Studio, Jobs menjadi kampiun teknologi setara Walt Disney, menghadirkan seni bertutur lewat animasi komputer yang dimulai dengan Toy Story. Kini, Apple terus melebarkan teritorinya ke industri nirkable mobile dengan pirantinya yang fenomenal dan sukses di pasaran, iPhone.

"Visi dan kepemimpinan Steve menyelamatkan Apple dan memandunya ke posisi saat ini, sebagai perusahaan teknologi paling inovatif dan berharga di dunia," ujar Kepala Genentech, Art Levinson, mengatasnamakan Dewan Direksi Apple dalam keterangan persnya.

Usai pengumuman tersebut, Apple tidak memberi tanggapan lagi untuk permintaan komentar lebih lanjut. Menyinggung sedikit tentang penerus Jobs, Tim Cook pertama kali muncul ketika Jobs harus absen untuk keperluan medis ketiga kalinya dalam tujuh tahun

Sebelum bergabung dengan Apple, Cook memegang posisi eksekutif di Compaq, Intelligent Electronics dan IBM. Cook meraih gelar M.B.A dari Duke University dan sarjana sains bidang teknologi industri di Auburn University.

"Dalam beberapa hal, Cook dan dan Jobs terpisah seperti kutub utara dan selatan," tulis sebuah majalah teknologi terkemuka di AS, Wired, pada 2009 silam. "Cook seperti unsur yin terhadap yang Jobs. Ia pendiam, memiliki tutur kata halus, eksekutif rendah hati dan sungguh berlawanan dari Jobs yang sarkastik, menakutkan dengan pribadi yang lebih besar dari hidupnya."

Ini adalah kutipan surat pengunduran diri Steve Jobs kepada Dewan Direksi Apple dan Komunitas Apple.

"Saya selalu berkata bahwa akan datang hari ketika saya tak bisa lagi memenuhi tugas dan harapan sebagai CEO Apple. Maka saya akan memberi tahu anda pertama kali. Sangat disayangkan hari itu telah tiba.

Dengan ini saya mengundurkan diri sebagai CEO Apple. Saya ingin melayani, bila Dewan setuju, sebagai Pimpinan Dewan, Direksi dan Karyawan Apple.

Sejauh penerus saya bergerak, saya merekomendasikan agar kita melakukan rencana suksesi ini dan menunjuk Tim cook sebagai CEO baru Apple.

Saya meyakini kecemerlangan dan hari-hari paling inovatif Apple masih berada di depan. Saya menunggu kesempatan untuk menyaksikan dan berkontribusi dalam kesuksesan itu dengan peran baru.

Bersama Apple, saya telah memiliki teman-teman terbaik dalam hidup saya dan saya berterima kasih atas tahun-tahun yang memungkinkan saya bekerja bersama anda.

    Steve

sumber : Wired
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement