Selasa 21 Jun 2011 14:54 WIB

Pemuda Pengungsi Palestina Menangkan Penghargaan Film PBB

Filippo Grandi
Foto: AP/Hatem Moussa
Filippo Grandi

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK - Seorang pengungsi berusia 25 tahun Palestina, Senin (20/6), memenangkan kompetisi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan film pendeknya. Filmnya tersebut berdasarkan pada kisah nyata sebuah keluarga pengungsi Palestina yang kembali ke rumah mereka yang telah hancur akibat dilanda konflik di Lebanon.

Film yang dibuat oleh Tahani Awad (25) dari kamp pengungsi Nahr el-Bared, Libanon, itu mengesankan panel juri karena kekuatan penggambarannya. Namun, film tersebut belum menggambarkan secara utuh pengalaman keluarga tersebut. Demikian menurut Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

UNWRA menyelenggarakan kompetisi film untuk menandai Hari Pengungsi Dunia. Tema kontes, yang terbuka bagi sineas muda Palestina di Timur Tengah, adalah "My World".

"Kami mengundang para pengungsi muda Palestina untuk menunjukkan bakat mereka dan memberitahu kita tentang dunia mereka serta kehidupan mereka. Karena, para pengungsi dan khususnya siswa muda itu pantas mendapat kesempatan untuk berbicara kepada dunia," kata Filippo Grandi, komisioner umum UNWRA, saat pemutaran film pemenang kontes.

"Apa yang kita terima adalah kilasan yang luar biasa dalam kreativitas, realitas dan potensi orang-orang yang telah begitu sering terpinggirkan dan diabaikan. Namun, semua itu  membuat suara mereka semakin didengar," katanya.

UNRWA mengatakan bahwa film besutan Tahani ini akan menjadi film pertama dari serangkaian film yang masuk ke kompetisi. Film tersebut akan disiarkan di situs-situs dan video-sharing populer situs YouTube. UNRWA diberi mandat untuk memberikan layanan kepada 4,8 juta pengungsi Palestina yang tinggal di Gaza, Suriah, Yordania, Lebanon dan Tepi Barat.

sumber : Antara/AKI
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement