Ahad 22 May 2011 16:45 WIB

Kliping Massal untuk PDS HB Jassin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Klipping massal. Inilah program yang dikembangkan komunitas koin sastra untuk membantu Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin melengkapi koleksi karya sastrawan Indonesia.

Didukung oleh XL Axiata, program yang berlangsung di Jakarta Ahad (22/5) menarik perhatian lebih dari 100 relawan. Mereka bersama-sama membuat kliping untuk PDS HB Jassin. Koran dan materi yang dibutuhkan telah disiapkan oleh PDS HB Jassin.

Kepala Pelaksana PDS HB Jassin, Ariany Isnamurti mengemukakan keterbatasan tenaga yang dimiliki menjadikan pihaknya tak sanggup membuat kliping dari seluruh media cetak yang menjadi koleksi PDS HB Jassin. '' Ada sekitar 30 koran dan majalah, kami tak sanggup menyelesaikan sendiri, karena hanya memiliki tiga orang tenaga,'' kata Ariany.

Keterbatasan tenaga menjadikan karya-karya sastra yang dimuat di media massa belum terdokumentasikan dengan baik. Di PDS HB Jassin ditemui banyak terbitan tahun 50-an hingga sekarang yang belum didokumentasikan dengan baik, karena keterbatasan tenaga.

Aksi Kliping Massal merupakan sebuah upaya untuk mendukung pelestarian koleksi PDS HB Jassin. Khrisna Pabicara dari komunitas Koin Sastra menyebut kliping massal bukan sekadar kegiatan seremonial. Ia melukiskan hal itu sebagai peristiwa bersejarah menandai kebangkitan kita dalam upaya menghargai warisan literasi. '' Terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama pihak XL yang berkenan melansir SMS Donasi Peduli PDS H. B. Jassin,"

 

PDS HB Jassin merupakan salah satu pusat rujukan perjalanan sejarah Sastra Indonesia. Lembaga yang dirintis oleh mendiang HB Jassin ini memiliki koleksi puluhan ribu dokumen perjalanan sastra Indonesia. Bukan hanya buku dan materi karya sastra yang tersimpan di sana, namun juga catatan dan berbagai materi yang menyertai lahirnya karya-karya sastra Indonesia, yang kemungkinan tidak dikoleksi oleh perpustakaan pada umumnya.

Head of corporate communication XL, Febriati Nadira mengatakan untuk mendukung PDS HB Jassin pihaknya melakukan tiga kegiatan. ''Bersama dengan Komunitas Koin Sastra, kami menggelar kliping massal. Kami bersyukur program ini mendapat dukungan banyak pihak, ada banyak relawan yang terlibat dalam kegiatan ini,'' kata Ira.

XL juga menggelar program Donasi Sastra melalui penghimpunan dana lewat SMS untuk mendukung kegiatan operasioal PDS HB Jassin. '' Ke depan, XL juga akan turut mendukung program pelestarian karya sastra dalam format digital. Sehingga masyarakat pengguna gadget, terutama pelanggan XL akan lebih mudah menemukan buku karya para sastrawan terkemuka Indonesia,'' kata Ira.

Ariany juga mengharapkan ada pihak yang mau mendukung program digitalisasi koleksi yang ada di PDS HB Jassin. ''Butuh dukungan donatur untuk digitalisasi, karena membutuhkan biaya sangat besar,'' kata Ariany. Apalagi PDS HB Jassin memiliki lebih dari 150 ribu koleksi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement