Kamis 21 Jul 2016 08:34 WIB

Remaja Berani di Media Sosial, Salah Siapa?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Akun sosial media di Facebook
Foto: pixabay
Akun sosial media di Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, Akun media sosial anak atau remaja banyak yang kini tidak wajar kontennya. Bukan hanyan itu, bagi mereka yang mengikuti akun media sosial remaja yang populer juga terkadang melihat komentar dengan kata-kata kasar yang tak sesuai usianya.

Menurut blogger juga Instagrammer populer, Fifi Alvianto, banyak anak yang bebas mengungkapkan isi hati juga mengunggah foto-foto yang tak sesuai untuk anak remaja. Dan, ia melihat itu bukanlah kesalahan murni anak. Menurutnya, anak itu sebenarnya tidak salah 100 persen karena orang tua yang lebih bertanggung jawab mendidik anaknya.

Kalau orang tuanya tidak melek teknologi, tidak mengecek bagaimana perilaku anaknya di sosial media, maka anak akan bebas-bebas saja. "Anaknya juga tidak akan tahu bagaimana beretika baik karena tidak punya contoh,” ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (20/7).

Fifi merasa beruntung karena ayahnya memiliki rasa penasaran yang besar pada kehidupan sosial anaknya. Termasuk di media sosial. Sehingga dulu, waktu masih menjadi remaja, Fifi yang besar dalam era media sosial belum marak saja sudah merasakan kontrol orang tua.

“Jadi kita juga anaknya merasa punya tanggung jawab sama orang tua. Kalau ketemu saja pasti bahas foto-foto terakhir yang diunggah di sosmed. Padahal mereka sudah tua, anaknya juga sudah besar, tapi tetap tidak berhenti memantau aktivitas sosmed anak-anaknya,” ungkapnya.

Karena itu, menurutnya, anak remaja harus punya figur yang dia bisa contoh. Banyak anak muda yang tetap keren dan sopan. Anak itu, lanjutnya, harus merasa apa yang disampaikannya lewat akun media sosialnya bisa menjadi tanggung jawabnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement