Kamis 24 May 2018 04:12 WIB

Permainan Kreatif Buat Anak Semangat Berpuasa

Menebalkan iman anak bisa dilakukan secara kreatif agar mudah diterima.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Anak menunggu waktu berbuka puasa.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Anak menunggu waktu berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayah dan ibu adalah sumber utama pendidikan anak. Orang tua berperan penting membangun suasana Ramadhan yang baik untuk anak-anaknya dan menjadikan buah hati mereka pribadi lebih baik lagi.

Permainan atau gim edukatif bisa menjadi cara ampuh membuat anak bersemangat menjalani Ramadhan, sebagaimana tips diberikan pendiri SOS MUslim Project, Hafsa-Waseela, dilansir dari Productive Muslim, Rabu (23/5).

Kuis

Alih-alih memberikan boneka Barbie, permainan play station, atau gawai, mengapa tidak mencoba membuat kuis tentang cerita Nabi dan Rasul, fikih, atau topik-topik Ramadhan dalam kaitannya dengan Islam. Ini akan meningkatkan pengetahuan agama anak.

Ajak anak memasak

Libatkan anak-anak Anda memasak dan menyiapkan berbuka puasa di dapur, tak peduli apakah anak laki-laki atau perempuan. Ajari mereka cara melipat melipat roti selai, menyendok nasi ke piring, dan menata piring di meja. Ini juga mengurangi beban ibu di dapur berkat bantuan tangan kecil si buah hati.

Baca buku dan menonton

Dorong anak-anak Anda membaca lebih banyak buku pengetahuan tentang Islam. Anda juga bisa mengajak mereka menonton kartun-kartun Islam sekaligus mendampingi mereka jika ada pertanyaan. Banyak sumber-sumber bagus di YouTube yang bisa menjad bahan ide.

Jurnal Ramadhan

Buatlah jurnal Ramadhan tentang apa yang dilakukan anak-anak Anda setiap hari selama Ramadhan. Selain menyimpan kenangan, ini bisa merefleksikan produktivitas anak Anda dan meningkatkan antusiasme mereka.

Jadwal piket

Jadwal piket ini berlaku bagi setiap anggota keluarga. Libatkan juga suami untuk mencuci piring, mengeringkan dan menyetrikan baju, juga menyapi rumah. Si kakak bisa ditugaskan merapikan mainan, melipat baju, dan ide kreatif lainnya.

Berbuka bersama

Ajarkan anak Anda bersosialisasi selama Ramadhan, bisa dalam bentuk berbuka bersama dengan tetangga, anak yatim, atau sesama Muslim di masjid terdekat. Ajarkan anak belas kasih sesama Muslim dan non-Muslim.

Ajak tarawih

Ajak anak Anda melaksanakan tarawih bersama ke masjid. Libatkan anak-anak Anda dalam serangkaian ibadah sunnah.

Siapkan hadiah Idul Fitri

Ini bisa berupa kue-kule lebaran, perhiasan, buah tangan, kartu kecil, dan sebagainya. Ini akan menanamkan rasa cinta dan kenangan manis di hati putra putri Anda.

Ajarkan sedekah dan zakat

Anak perlu dibiasakan sejak usia dini berbagi, dalam bentuk sedekah dan zakat. Ramadhan bulan penuh berkah dan bulan berbagi yang pahalanya abadi sampai sisa hidup mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement