Sabtu 19 Mar 2011 23:54 WIB

Jangan Dengar Musik atau Telepon Saat Menyeberang Jalan Deh!

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Sebagian dari anda mungkin pernah melihat orang tua berusia 60 tahun tengah asyik berjalan dan berbicara menggunakan ponsel saat menyeberang jalan. Mungkin, bagi sebagian orang itu hal biasa lantaran situasi seperti itu sudah jamak dalam masyarakat modern.

Namun, lain halnya jika anda menanyakan pandangan peneliti soal gaya orang tua tadi.  Laporan singkat hasil riset Beckman Institute, University of Illinois's  menyebutkan orang tua yang tengah asyik berjalan sembari menerima telepon mempertaruhkan diri mereka pada resiko keselamatan yang lebih besar.

Apa pasal, orang tua yang berusia 59-89 tahun menurut kalkulasi perhitungan peneliti membutuhkan waktu yang lebih lama saat menyeberang jalan.  A

rtinya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang maka seiring sejalan dengan peningkatan resiko keselamatan. "Situasi di jalan raya cepat berubah," simpul peneliti seperti dikutip Telegraph (18/3).

Mark Neider, seorang peneliti posdoktoral bersama koleganya Prof Art Kramer mengatakan semua pejalan kaki harus berhati-hati ketika mencoba menyeberang jalan sembari berbicara melalui ponsel.

"Terutama orang tua harus berhati-hati dengan situasi seperti itu," kata dia. Neider menambahkan kesimpulan itu bukan berarti anak-anak, remaja dan dewasa tidak kebal dari bahaya saat mendengarkan musik atau berbicara di telepon saat menyeberang jalan.

"Perlu dicatat, sebelumnya kami telah menemukan bahwa individu dewasa  menunjukkan kebiasaan serupa namun dengan peningkatan kondisi persimpangan jalan yang jauh lebih menantang," pungkasnya.

Sayangnya, hasil riset ini tidak menjelaskan secara detail apa yang menyebabkan orang tua lebih beresiko. Apakah bersumber dari penurunan tingkat kepekaan indera atau sebab lain.

Yang pasti, secara logis mendengarkan musik atau berbicara melalui ponsel saat berjalan mengurangi fokus pada sekitar. Akibatnya, resiko terhadap kecelakaan semakin besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement