Selasa 08 Feb 2011 09:49 WIB

Gila Kuda, Turkmenistan Gelar Kontes Kuda Tercantik

kuda
Foto: drinspirasi
kuda

REPUBLIKA.CO.ID, ASHGABAT--Kuda menempati status sangat penting di Turkmenistan. Sedemikian pentingnya hingga Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukhamedov mengeluarkan dekrit presiden khusus untuk mengatur kontes kuda tercantik dan terbaik se-Turkmenistan.

Festival kuda cantik itu, dalam dekrit, diharuskan berlangsung tiap April. Kuda terbaik yang dinilai terutama dari bagian punggung, leher, dan kaki, akan mendapat gelar 'Wings of the Turkmen'. Kuda bersangkutan akan menjadi ikon promosi kuda pacuan di seluruh dunia.

Kuda Turkmenistan sudah sejak lama menjadi idaman karena kualitasnya yang sangat baik. Sejarah mencatat, Alexander The Great terpesona dengan kualitas kuda Turkmenistan dan meminta pasukannya untuk menggunakan kuda tersebut.

Di negara ini juga, kuda dilarang untuk dijadikan makanan. Bahkan sebagai hadiah kenegaraan, pemimpin Turkemnistan menghadiahkan sejumlah kuda jenis The Akhal Teke, ke pemimpin asing.

Sebegitu memuja kuda, mantan presiden Turkmenistan Saparmurat Niyazov, pernah membuat heboh pada 2004 karena dia membuka fasilitas senilai 20 juta dengan kolam renang, rumah sakit, dan kandang berpendingin udara, demi kuda!

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement