Kamis 16 Dec 2010 18:00 WIB

Menyelam Hingga 100 Meter dengan Sekali Nafas

William Trubridge
William Trubridge

REPUBLIKA.CO.ID,BAHAMA-Seorang warga Selandia Baru, William Trubridge, membukukan capaian yang selama ini dianggap mustahil: menyelam hingga kedalaman 100 meter tanpa alat bantu pernafasan, alias menahan nafas, dan alat bantu selam.

Ia tak menggunakan sirip maupun kantong udara untuk membantu naik ke permukaan dengan cepat. Ia hanya menggunakan tangan dan kaki untuk mendorong tubuhnya di dalam air.

Trubridge menahan nafas selama empat menit 10 detik dari awal penyelaman hingga akhir. Capaiannya ini dicatatkan sebagai rekor dunia penyelaman bebas tanpa bantuan. Sebelumnya, untuk kategori menahan nafas, kedalaman ini hanya bisa dicapai dengan alat bantu berupa papan propeler dan kantong udara.

‘’Sangat berbeda dengan menggunakan papan propeler dan kantong udara,’’ kata Trubridge usai melakukan aksinya di perairan yang dinamakan Dean's Blue Hole di Bahama, Senin (13/12) lalu.

Pada umumnya, jika berhasil mencapai kedalaman ini dengan menahan nafas, penyelam tak selalu mampu mencapai permukaan. Capaian ini tiga kali lebih dalam dari kedalaman aman yang diperuntukkan bagi para penyelam skuba amatir.

sumber : GrindTV.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement