Sabtu 04 Dec 2010 02:56 WIB

Film Jejaring Sosial 'Social Network' Raih Penghargaan

Rep: M Akbar/ Red: Endro Yuwanto
Facebook, The Movie (Ilustrasi)
Facebook, The Movie (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES--Film cerita mengenai situs jejaring sosial Facebook, 'Social Network', mendapat empat penghargaan utama dari The National Board of Review. Satu di antaranya menempatkan film garapan David Fincher itu sebagai film terbaik tahun ini.

The National Board of Review merupakan organisasi nirlaba yang telah berdiri sejak seratus tahun yang lalu. Organisasi ini didedikasikan untuk mendukung film-film sebagai sebuah karya seni dan hiburan. Setiap tahunnya organisasi ini memberikan anugerahnya kepada salah satu film terbaik dari film mainstream Hollywood.

Pada pengumuman yang dilakukan Kamis (2/12) malam waktu setempat atau Jumat (3/12) WIB, organisasi ini memberikan sokongannya kepada film 'Social Network' untuk menjadi pesaing utama dalam meraih tropi Oscar tahun depan.

Keempat penghargaan yang diberikan kepada film 'Social Network' ini adalah film terbaik, sutradara terbaik buat David Fincher, aktor terbaik kepada Jesse Eisenberg yang telah bermain apik sebagai pendiri Facebook Mark Zuckerber, serta Aaron Sorkin yang memenangkan skenario adaptasi terbaik.

Cerita dari film 'Social Network' ini merupakan karya adaptasi dari buku non-fiksi The Accindental Billionaires yang dibuat oleh Ben Mezrich pada 2009. Isi cerita dari film ini berpusat dari kehidupan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg saat menjadi mahasiswa di Harvard University.

Sebagai sebuah karya, film 'Social Network' juga meraup keuntungan besar dan menempatkannya sebagai salah satu film laris. Pada penayangan perdananya, film ini langsung menyodok di urutan teratas berkat pemasukan 23 juta dolar AS. Secara total, film ini mengantungi uang hasil penjualan tiketnya sebanyak 180,9 juta dolar AS.

Sedangkan untuk penghargaan lainnya, The National Board of Review memberikan pula predikat aktris terbaik kepada Lesley Manville yang berperan di film 'Another Year'.

Selanjutnya Christian Bale yang menjadi pecandu boxer di dalam film 'The Fighter' mendapatkan penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik. Lalu untuk aktris pendukung terbaik jatuh ke tangan Jacki Weaver yang berperan di film kriminal produksi Australia berjudul 'Animal Kingdom'.

Sementara pada pengumuman tersebut, pihak penyelenggara belum memberikan tropi penghargaan kepada para pemenangnya. Acara penganugerahan The National Board of Review ini baru akan digelar pada 11 Januari tahun depan di New York City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement