Senin 15 Nov 2010 20:28 WIB

Vuvuzela, Frase Paling Populer Sepanjang 2010

Vuvuzela
Vuvuzela

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES--Tumpahan minyak dan vuvuzela adalah kata yang paling populer sepanjang tahun 2010. Kata pertama merujuk pada kejadian di Teluk meksiko, Amerika Serikat dimana kilang tambang minyak milik perusahaan Inggris meledak dan bocoran minyaknya mencemari laut. Sedang kata kedua merujuk pada sejenis terompek "berisik" yang mulai naik daun pada Piada Dunia 2010 di AFrika Selatan.

Perangkingan kata yang paling populer sepanjang tahun dilakukan Global Language Monitor. Mereka melakukan survei kata-kata yang paling banyak disebut oleh 1,58 juta orang di negara-negara yang berbahasa Inggris.

Kata lain yang populer adalah refudiate. Kata ini merupakan kata baru yang dipopulerkan Sarah Palin, lawan politik Obama dari Partai Republik yang merupakan perkawinan dari kata refute (menyangkal) dan repudiate (menolak).

Frase lain yang juga populer adalah Hu Jintao (presiden Cina), iPad (produk teranyar Apple), dan pekerja tambang Chili. Selain itu, adalah frase Obamania yang menduduki peringkat 10 dalam perankingan itu.

"Tahun ini, frase-frase populer  muncul dari berbagai ranah, mulai dari bencana alam, Piala Dunia, politik, hingga krisis ekonomi global," kata Paul JJ Payack, presiden  Global Language Monitor.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement