Jumat 05 Nov 2010 03:44 WIB

Dua Janur Raksasa di Rawa Belong Masuk MURI

Rep: Maryana/ Red: Endro Yuwanto
Janur/ilustrasi
Janur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dua janur 'Kembang Mayang Raksasa' di Festival Bunga 2010 yang digelar Dinas Kelautan dan Pertanian di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat, tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai janur terbesar, Kamis (4/11).

Dua janur kembar itu setinggi 6,6 meter dengan lebar 4,2 meter. Kepala UPT Pasar Rawa Belong, Mulyadi, mengatakan, untuk pembuatan janur raksasa tersebut diperlukan sebanyak 4.000 helai batang janur. Dibuat oleh 60 pengrajin penjor sejak Rabu (3/11) pukul 07.00 WIB hingga Kamis (4/11) pukul 07.00 WIB.

Selain pemecahan rekor MURI, festival tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba merangkai bunga dan kursus gratis merangkai bunga. "Kegiatan berlangsung selama lima hari ini, menargetkan tiga ribu pengunjung." kata Mulyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Ipih Ruyani mengatakan, maksud penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi bagi anak-anak dan remaja khususnya agar lebih mengenal dan mencintai bunga/tanaman hias sebagai kekayaan alam nusantara yang mempunyai potensi nilai ekonomi. ''Sekaligus sebagai ajang mengasah keterampilan dan kreativitas para pelaku bisnis tanaman hias,'' tegasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement