Selasa 03 Aug 2010 23:25 WIB

Pengguna Twitter di Jepang Klaim 'Ngetweet' 20 Milyar Pesan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Salah satu akun Twitter milik orang Jepang (Ilustrasi)
Foto: SNAPSHOT/TWITTER/REPUBLIKA.CO.ID
Salah satu akun Twitter milik orang Jepang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO,ID, LONDON--Pengguna Twitter di Jepang mengklaim telah mencetak rekor dengan mengirimkan 20 milyar pesan dalam sehari. Klaim itu segera dipertanyakan mengingat rekor tersebut hanya bisa dicapai bila menggabungkan keseluruhan pengguna twitter di seluruh dunia. Apalagi, Jepang bukanlah negara dengan angka pengguna Twitter terbesar di dunia.

Klaim itu tercatat pada pukul 15.44 GMT dengan nama akun GGGGGG0_Lets_Go. Akun ini memang cukup populer di Jepang. Sementara itu, kantor pusat Twitter di San Fransisco mengkalkulasikan pengguna Twitter di Jepang hanya mengirimkan rata-rata 8 juta pesan per hari, atau 12 persen dari pengguna Twitter di seluruh dunia.

"Saya bersyukur dan merendah dengan keberhasilan saya menembus angka 20 milyar pesan. Perlu diingat, saya banyak mengirimkan pesan tentang baseball," ungkap pemilik akun GGGGGG0_Lets_Go yang juga seorang desainer grafis dan penggemar fanatik tim baseball Tokyo Yakult Swallows seperti dikutip dari Telegraph, akhir pekan lalu.

Penasaran dengan klaim itu, CEO Twitter Evan Williams segera terbang ke Tokyo awal Agustus guna mengkonfirmasi klaim tersebut. "Kami butuh dua tahun lebih untuk datang ke sini," ungkapnya semangat.

Sebelumnya, pengguna Twitter di Jepang berhasil memecahkan rekor pada hajatan Piala Dunia lalu ketika Jepang berhasil mengalahkan Denmark dengan mencatatkan rata-rata pengiriman 3.283 pesan per detik. Keberhasilan itu ditenggarai banyak percakapan tulis dalam bahasa Jepang tidak mencapai 140 karakter. Maklum, kata 'majalah' misal, hanya memerlukan dua huruf dalam bahasa tulis Jepang. cr2

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement