Kamis 29 Jul 2010 02:21 WIB

Tren Pasangan Muda Inggris: Pilih Nama tak Umum untuk Anaknya

Ilustrasi
Foto: Telegraph
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Lupakan nama Elizabeth, Andrew, Jack, atau Olivia. Peneliti menemukan, kini makin banyak pasangan muda di Inggris memilih nama-nama tak biasa dan sedikit "aneh" untuk buah hatinya. Nama-nama seperti Shy, Unity, dan Bean antara lain yang jadi pilihan.

Survei yang dilakukan Bounty Parenting Club itu membidik pasangan muda di beberapa kota besar di Inggris dan menemukan bahwa lebih dari satu dari tiga orang tua muda memilihkan nama yang tidak biasa untuk anak mereka. Para peneliti menyimpulkan,  banyak orangtua baru yang dipengaruhi oleh selebriti yang telah memberi nama anak-anak mereka di luar kebiasaan.

Masing-masing nama-nama tidak biasa dalam  daftar Bounty yang paling sering dipakai ada 20 nama, termasuk Zowie, Puppy, dan Ice, yang hanya diberikan kepada beberapa bayi sejak tahun 2000. Nama lain adalah Porsche, D'Andre, Denim,  Heaven, Diesel, Maroon, dan Echo.

Rooney, Bowie, dan Cobain adalah beberapa nama yang diberikan kepada anak-anak oleh orang tua yang tampaknya telah dipengaruhi oleh pemain bola selebriti dan musisi. "Catatan kami telah menemukan pilihan-pilihan nama yang tidak biasa dari orang tua dalam satu dekade ini, menggambarkan tren yang berkembang dengan merujuk gaya selebriti memberi nama anak mereka," kata juru bicara Bounty, Faye Mingo.

Namun mereka memperingatkan orang tua untuk "berpikir sangat hati-hati" sebelum memulai nama-nama tidak biasa karena bisa mempengaruhi psikologi anak mereka. Jajak pendapat itu menemukan tiga perempat dari orang-orang yang telah memberi anak mereka nama tradisional percaya nama tak umum membuka jalan bagi anak-anak mereka untuk diintimidasi.

Mereka menambahkan bahwa mereka yang telah memilih nama yang lebih aneh adalah egois dan tidak memikirkan anak mereka. "Penelitian menunjukkan, dari lebih dari .3000 orang tua, setidaknya  satu dalam 10 orang tua menyesali keputusan mereka untuk memberi nama anak dengan sesuatu yang aneh," ujar Faye.

Benar pesan orang tua kita, bahwa nama yang kita berikan pada anak adalah doa untuknya. Betul?

sumber : Telegraph.co.uk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement