Selasa 29 Jun 2010 05:10 WIB

Apa ya Nama yang Tepat untuk Bayi Kuda Nil di Bali Safari?

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Dita, induk kuda nil menjaga anaknya yang belum lama dilahirkan
Foto: Nyoman Budhiana/Antara
Dita, induk kuda nil menjaga anaknya yang belum lama dilahirkan

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR-- kuda nil koleksi taman satwa dan laut Bali Safari & Marine Park di Kabupaten Gianyar, Bali, yang diberi nama Dita, untuk kali pertama melahirkan setelah usia kehamilannya mencapai delapan bulan. Marketing Komunikasi Media Bali Safari & Marine Park, Astrid W Iswulandari, mengatakan Dita melahirkan pada 18 Mei 2010.

Meski sudah berusia sebulan lebih, anak kuda nil itu belum memiliki nama. Kuda nil kecil itu memiliki berat badan antara 20-40 kilogram. Induknya yang berumur 12 tahun merupakan kuda nil dari Taman Safari Indonesia Cisarua, Jawa Barat. Dita dengan sang jantan, Doni, mendiami wilayah danau Manyara, sejak Bali Safari & Marine Park, dibuka pada 2007.

Keeper yang merawat Dita, Wayan Surata, menjelaskan kelahiran bayi kuda nil ini berjalan alami di dalam air. ''Mendekati hari melahirkan, Dita menjadi tidak mau makan seperti porsi biasanya, dan lebih lama berdiam diri di dalam air,'' katanya.

Kurator Divisi 'Life and Science' Bali Safari & Marine Park, Tim Husband, bangga melihat kelahiran kuda nil ini. ''Para keeper merawat kuda nil ini dengan baik sehingga bayinya dapat hidup dengan sehat,'' pujinya.

Kuda nil adalah hewan herbivora yang habitatnya berada di sub-Sahara Afrika. Kuda nil sering menyerang siapa pun yang menempati wilayah mereka. Kuda nil adalah mamalia terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih. Sebagai lembaga konservasi dan pendidikan, kata Astrid, Bali Safari & Marine Park berupaya menangkarkan satwa langka ini. Tidak hanya untuk memperkaya populasi di taman, tetapi juga berkontribusi untuk populasi hewan langka di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement