Ahad 27 Jun 2010 09:28 WIB

Tertarik Membeli Sebuah Desa Serta Hotel, Stasiun Kereta dan Balai Kota?

Kawasan Otira di Selandia Baru yang dijual untuk peminat.
Foto: otira.co.nz
Kawasan Otira di Selandia Baru yang dijual untuk peminat.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON--Jika Anda seorang eksekutif dari kawasan perkotaan yang ingin mencoba lingkungan baru, maka kesempatan berikut bisa jadi sangat tepat untuk Anda. Sebuah desa dengan populasi 40 orang di kawasan terpencil New Zealand yang lengkap dengan restoran, kini tengah di jual

Otira adalah sebuah dusun kecil di kawasan pantai barat di pulan bagian Selatan New Zealand yang kini tengah ditawarkan seharga 1 juta dolar NZ atau sekitar 715 ribu dolar AS.

Pemiliknya, Bill dan Christine Hennah membeli kawasan tersebut pada tahun 1998 silam ketika mereka melewatinya dan merasa kasihan. Demikian dilaporkan media setempat, The Press pada hari Jumat (25/6).

Mereka kemudian membeli dengan harga 80 ribu dolar NZ atau sekitar 56 ribu dolar AS untuk hotel sekaligus restoran, sekolah, stasiun kereta api, balai kota serta 18 rumah di desa yang berada didekat Arthur's Pass National Park yang didirikan sejak tahun 1923.

Desa itu kemudian berkembang ketika jalur kereta api Otira dibuka, bahkan ketika saat penuh dapat menampung 600 pekerja dengan keluarganya.

Namun, para pemiliknya yang kini sudah berusia 60-an tahun mengaku, mereka tidak lagi memiliki stamina yang cukup untuk mengelola hotel. Mereka menawarkan harga 350 ribu dolar NZ untuk hotel atau 1 juta dolar NZ bagi yang tertarik membeli seluruh desa tersebut.

"Kami membutuhkan seseorang yang mau membangun kembali. Banyak terdapat potensi dan kesempatan," ujar Christine Hennah kepada The Press.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement