Ahad 20 Jun 2010 00:39 WIB

Razia Klakson di Vietnam

jalanan Hanoi
Foto: >
jalanan Hanoi

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI--Jangan main klakson daat berkendara di Vietnam, jika tak ingin urusan menjadi panjang. Kepolisian Vietnam kini tengah gencar melakukan razia klakson; mengamankan sopir dan kendaraan yang rajin main klakson atau bunyi klakson memekakkan telinga.

Langkah ini dilakukan setelah seorang bocah yang terkejut oleh bunyi klakson menjadi panik dan terjatuh hingga menemui ajal. Kejadian itu terjadi di selatan Ho Chi Minh City ketika sang bocah doibonceng naik sepeda motor oleh ibunya. Tiba-tiba dari belakang, sebuah truk yang melintas membunyikan klakson yang sangat keras. Ibu dan anak terkejut, dan motor roboh. Vietnam News melaporkan, bocah itu menemui ajal akibat benturan keras, sedang sang ibu mengalami cidera serius.

Pengemudi Vietnam terkenal rajin memainkan klakson terus menerus, terutama pada malam hari. Sebagian untuk pertanda kedatangan mereka, sebagaian lagi melakukannya demi gagah-gagahan. Bahkan, klakson kerap dipencet berulang-ulang kendati di jalan itu hanya kendaraannya yang melintas.

pelanggar aturan klakson akan dikenakan denda tak main-main, yaitu 500 ribu dong, atau setara Rp 300 ribu, naik dari denda 200 dong bulan lalu. selain denda, ada "bonus" yang lain: meringkuk beberapa hari di tanahan. Nah!

sumber : TST
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement