Kamis 03 Jun 2010 00:42 WIB

Homer Simpsons Berhasil Ungguli Harry Potter

Rep: mohammad akbar / Red: Ririn Sjafriani
Homer Simpson
Foto: cartoonary.com
Homer Simpson

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bagi Anda yang pernah mengenal serial kartun The Simpsons di dekade 1990-an. sosok Homer Simpson pasti tak akan pernah bisa terlupa dari ingatan.

Homer adalah kepala keluarga dari Simpsoms. Tubuhnya gempal. Ia mempunyai kesukaan melahap donat. Ada hal yang tak akan pernah bisa dilupakan juga dari karakter ini. Ucapannya 'D'oh!' setiap kali ia menyadari telah melakukan hal yang konyol yang disampaikannya dengan ekspresi wajah yang datar.

Nah, jika ingatan Anda telah kembali pulih terhadap sosok Homer Simpsons maka simak juga kabar yang dilansir dari Entertainment Weekly. Majalah hiburan terbitan Amerika itu telah menobatkan Homer sebagai karakter serial televisi terbesar sepanjang sejarah Amerika dalam dua dekade terakhir.

Karakter Homer ini bahkan mampu mengalahkan dua karakter dari karya yang berusia lebih muda dari serial Simpsons. Sosok Homer ini ternyata lebih mendapatkan tempat posisi teratas dari sang penyihir Harry Potter rekaan penulis Inggris JK Rowling maupun Buffy the Vampire Slayer yang dimainkan oleh Sarah Michelle Gellar.

Harry Potter yang digambarkan sebagai sebuah ikon global ternyata hanya nangkring di urutan kedua dari hasil polling majalah hiburan tersebut. Selanjutnya, di tempat ketiga dihuni oleh Buffy. Sedangkan, serial The Sopranos yang tayang di HBO dan sosok Joker yang dimainkan oleh mendiang Heath Ledger di film The Dark Knight masing-masing hanya berada di urutan empat dan lima.

Matt Groening yang menjadi pencipta karakter dari serial Simpsons mengatakan sangat gemira dengan penghargaan yang telah diberikan. Ia mengatakan, jutaan orang akan bisa mengindentifikasi Homer ini dengan frasenya "D'oh".

''Orang memang akan bisa teringat kepada Homer karena kita semua secara diam-diam telah didorong oleh keinginantahuan yang tidak bisa kita sembunyikan,'' kata Groening kepada Entertainment Weekly.

''Homer ini adalah sosok yang lugas dalam menyampaikan apa yang dirasakannya. Dia sungguh menyukai apa saja dan itu menjadi sebuah kesenangan untuk melihatnya.''

The Simpsons ini kali pertama mengudara di layar kaca Amerika pada 17 Desember 1989. Tercatat ada 464 episode serial ini mengudara. Dari sebanyak episode itu terangkum ke dalam 21 season yang tuntas ditayangkan pada 23 Mei lalu.

Serial ini ternyata tidak hanya menjadi tontonan para penikmat televisi di Amerika saja. Ada 90 negara, termasuk di dalam Indonesia, yang turut menayangkan serial ini. Di Amerika, serial ini tercatat sebagai serial yang ditayangkan paling lama pada slot jam tayang utama.

Dalam perjalanannya, The Simpsons ini juga memperoleh seabrek penghargaan. Tercatat ada 25 penghargaan dari Primetime Emmy Awards, 26 Annie Awards serta satu penghargaan dari Peabody Awards.

Sedangkan pada 31 Desember 1999, majalah Time pernah juga memberikannya predikat sebagai serial televisi terbaik di abad ke-20. Lalu pada 14 Januari 2000, keluarga Simpsons ini menapakkan juga jejaknya di Hollywood Walk of Fame.

Di dalam serial ini, Homer memiliki seorang istri dan tiga orang anak serta seekor anjing. Mereka tinggal di sebuah wilayah rekaan yang diberi nama Springfield.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement