Sabtu 29 May 2010 01:38 WIB

Juliette Binoche Berbaju tak Pantas, Iran Larang Film Certified Copy

Juliette Binoche dalam film Certified Copy
Foto: payvand.com
Juliette Binoche dalam film Certified Copy

REPUBLIKA.CO.ID,Pemerintah Iran melarang pertunjukan film Certified Copy arahan sutradara Iran Abbas Kiarostami gara-gara busana yang dikenakan pemeran utama Juliette Binoche. Demikian dikatakan penjabat Menteri Kebudayaan Javad Shamaqdari Kamis ini.

Pekan lalu, Binoche dinobatkan sebagai aktris terbaik dalam festival film Cannes. "Seandainya dia berpakaian lebih baik, maka filmnya boleh saja diputar, tapi karena pakaiannya itu maka film tersebut tidak layak dipertontonkan ke seluruh publik", kata Shamaqdari kepada koran Iran tanpa menjelaskan apa persisnya yang membuat pemerintah merasa tersinggung.

Dalam film pertama yang dibuat Kiarostami di luar Iran ini memperlihatkan Binoche dalam busana barat. Pada salah satu adegan, sutradara Iran ini memperlihatkan Binoche dengan busana berdada rendah. Pada adegan lain, ia mengenakan rias wajah dan anting-anting.

Selama festival, baik Kiarostami maupun Binoche tidaklah sembunyi-sembunyi dalam melancarkan kritik terhadap sensor di Iran serta cara-cara Teheran menghadapi pembuat film kritis.

sumber : radio netherland
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement