Jumat 14 May 2010 21:39 WIB

Beli Emas Batangan atau Koin? Gampang, Tinggal Klik di Mesin ATM

Tampak seorang pelanggan sedang menggunakan mesin otomatis untuk membeli emas \
Foto: reuters
Tampak seorang pelanggan sedang menggunakan mesin otomatis untuk membeli emas \"Gold to Go\" di Emirate Palace Hotel, Abu Dhabi.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI--Mesin otomatis untuk membeli makanan dan minuman atau anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengambil uang, memang tak aneh lagi. Namun, mesin yang bisa digunakan untuk membeli emas murni mungkin bukan pemandangan yang biasa.

Dipasang di lantai bawah Emirates Palace Hotel, Abu Dhabi dengan langit-langit berlapis emas dan para tamu dari kalangan bangsawan dan miliuner yang datang untuk menikmati kopi dengan hiasan emas diatasnya, mesin itu justru tampak sebagai pelengkap perabotan.

"Alasan kami memilih Emirate Palace karena sangat cocok dengan kondisi sekitarnya disini," ujar pencipta mesin emas "Gold to Go" serta pemimpin perusahaan Ex Oriente Lux, Thomas Geissler.

Tampilan dari mesin otomatis itu berkilat berkat lapisan emas dan mampu menawarkan 320 jenis emas untuk dipilih, mulai dari emas batangan dengan berat 10 gram hingga koin emas yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

"Semua emas itu diimpor dari Jerman dan segera kami akan menyediakan emas batangan dengan logo Emirates Palace, yang bisa menjadi suvenir menarik bagi para tamu untuk dibawa pulang," ujar pengusaha asal Jerman tersebut.

Melalui sistem komputerisasi, mesin otomatis tersebut bisa memperbarui harga emas setiap 10 menit untuk menyesuaikan dengan harga pasar internasional.

Untuk saat ini, mesin tersebut hanya bisa menggunakan mata ulang lokal dirham, namun pilihan untuk penggunaan kartu kredit akan segera dilengkapi.

Percobaan mesin emas otomatis itu pertama kali dilakukan di Jerman tahun 2009, namun Geissler kemudian memilih Abu Dhabi untuk peresmian dari ciptaannya tersebut karena tingginya permintaan emas di kawasan tersebut.

"Pada malam pertama mesin itu dipasang, kami mendapat banyak permintaan. Salah seorang pelanggan bahkan membeli satu untuk setiap produk yang kami miliki," tutur Geissler.

Langkah Geissler dinilai tepat, karena semakin banyak investor yang memilih emas sebagai investasi aman dari krisis ekonomi.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement