Kamis 13 May 2010 06:26 WIB

Belajar Islam Secara Ringkas dan Padat

Rep: irwan kelana/ Red: taufik rachman

Judul buku: Kultum Setahun

Penulis: Abdul Malik bin Muhammad Abdurrahman Al-Qasim

Penerbit: Darus Sunnah

Cetakan: I, 2010

Tebal: 2  jilid

Dalam dunia dakwah, selain penguasaan materi dan retorika yang baik, diperlukan adanya strategi jitu dalam penyampaian dakwah. Baik berkaitan dengan pilihan materi maupun pemilihan waktu yang tepat . Dengan demikian, apa yang disampaikan bisa mengena dan mudah diterima.

Salah satu tantangan dakwah saat ini adalah masyarakat semakin disibukkan oleh berbagai aktivitas dan rutinitas duniawi yang semata-mata hanya mengejar materi belaka. Sehingga, terasa sulit mencari sela-sela waktu kosong mereka di luar kesibukan dan aktivitas mereka.

Buku ini merupakan solusi strategi dakwah di era modern seperti ini. Penulis sangat memahami fenomena aktivitas dan kesibukan masyarakat dewasa ini dari satu sisi, dan kebutuhan mereka akan siraman rohani dan nutrisi spiritual dari sisi yang lain. Maka, penulis mencoba menawarkan solusi dakwah dengan cara penyampaian materi secara singkat atau yang lebih kita kenal dengan istilah “kultum” yang disampaikan setiap hari selama satu tahun. Setiap bulan berisi 30 pelajaran, kecuali bulan Ramadhan yang berisi 40 pelajaran.

Metode ini dinilai cukup efektif, karena selain tidak menyita banyak waktu, penyajiannya disampaikan secara ringkas dan padat, serta dengan materi kajian yang cukup beragama. Dengan demikian, audiens atau pembaca tidak terbebani, dan hanya dengan menyisihkan sedikit waktu dan perhatian akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Penulis menyajikan materi kultum itu dalam bentuk ceramah, nasihat, dan fatwa.  Materi kajiannya berisi tema-tema keislaman yang meliputi akidah, ibadah, muamalah, dan problematika kekinian. Berbagai hal yang diuraikan secara ringkas dan padat dalam buku ini sering ditanyakan dan sangat dibutuhkan oleh umat.

Contohnya, kewajiban suami membangunkan istri untuk shalat Shubuh, hukum wanita bersalin oleh dokter laki-laki, ayah shalat di masjid sedangkan anak-anak ditinggalkan di rumah, membawa anak-anak ke masjid, banyak tidur, perbedaan antara Ahlus Sunnah dan Syiah, apakah orang  Syiah termasuk kafir, dan terlambat Shubuh karena begadang.

Hal-hal lain, misalnya, mansehati suami yang tidak shalat, hukum merokok, apakah rezeki dan jodoh sudah tertulis di Lauh Mahfuzh, apakah adzab kubur itu ada,  apakah bersedekah untuk orang yang sudah meninggal dunia akan menambah amal kebaikannya, hukum melaksanakan shalat dengan mengenakan pakaian transparan,  serta apakah orang Mukmin yang berzina dan meminum khamar dikatakan sebagai orang kafir?   Penulis juga membahas tentang mengulur-ulur pembayaran utang, tatacara berwudhu, hukum melakukan operasi plastik, apakah perempuan mempunyai suami di surga,   serta manfaat sedekah di dunia dan akhirat.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap Muslim, terutama para da’i, khatib, imam masjid, pendidik dan aktivis dakwah lainnya. Materi ringkas dan padat dalam buku ini merupakan panduan dan bekal yang sangat berharga dalam dakwah mereka.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement