Selasa 11 May 2010 09:17 WIB

Sepenggal Catatan Perihidup Umat Terdahulu

Red: irf
Situs Umat Terdahulu
Foto: Penerbit Republika
Situs Umat Terdahulu

Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia. Tak ada sedikitpun keraguan di dalamnya. Banyak hal yang diceritakan dalam Alquran, mulai dari masalah ibadah, muamalah, akhlak, hukum, hingga sejarah.

Dan sejak 14 abad silam, Alquran telah menceritakan berbagai peristiwa yang terjadi dan dialami umat-umat terdahulu itu, mulai dari kehidupannya hingga berbagai peninggalan mereka. Kini, setelah ribuan tahun terpendam, para ahli arkeologi berhasil mengungkapkan dan membuktikan kebenaran Alquran tentang jejak dan peninggalan umat terdahulu itu.

Semuanya itu hendaknya bisa dijadikan pelajaran, agar umat manusia senantiasa beriman dan taat kepada Allah SWT. Dalam buku ini dijelaskan secara singkat tentang tempat-tempat atau situs dari umat terdahulu itu.

Mulai dari peninggalan zaman Nabi Daud AS, tempat pertempurannya melawan Jalut (David versus Goliath), istana Sulaiman, peninggalan kaum Saba, tempat Nabi Isa AS dilahirkan dan diturunkan, juga tempat Rasulullah SAW memulai reformasi global akhlak manusia, dikisahkan di sini. Selain itu juga ada kisah tentang letak tembok Dzulqarnayn, juga lokasi gua Ashabul Kahfi.

Meski membahas situs sejarah yang memerlukan kajian cukup serius, buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana berdasarlah Alquran dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Ulasan situs-situs sejarah Islam ini juga dilengkapi dengan foto-foto hasil penemuan serta analisis dari para ahli dan sejarawan. Kelengkapan ini sangat memudahkan pembaca untuk menelaah isinya.

Judul        : Situs-Situs dalam Alquran, Dari Peperangan Daud Melawan Jalut Hingga Gua    

                 Ashabul Kahfi

Penulis     : Syahruddin El Fikri

Tebal       : xii+333 halaman

Terbit       : Cetakan I, April 2010

Penerbit    : Penerbit Republika

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement