Selasa 04 May 2010 06:13 WIB

Nasehat Sepanjang Masa

Rep: irwan kelana/ Red: taufik rachman

Judul buku: Panen Amal Sepanjang Tahun

Penulis: Imam Ibnu ajab Al-Hambali

Penerbit: Darus Sunnah

Cetakan: I, April 2010

Tebal: xxxi+645 hlm

Buku ini sarat dengan pesan dan nasihat untuk meneladani sunnah-sunnah Rasulullah yang Beliau lakukan sepanjang tahun. Baik yang pelaksanaannya bersifat harian, mingguan, bulanan, maupun yang tahunan. Semuanya mempunyai nilai keutamaan sesuai dengan waktu pelaksanaannya masing-masing.

Dalam buku ini dijelaskan, dalam kaitannya dengan bulan-bulan yang ada sepanjang tahun, Allah memberikan keutamaan deengan amalan-amalan ibadah yang ada munasabah  (kaitan)-nya. Misalnya, pada bulan Muharram ada ibadah yangh ditekankan, yakni puasa Asyura (10 Muharram). Pada bulan Ramadhan, kaum Muslimi diwajibkan puasa sebulan penuh, dan ibadah sunnah seperti  shalat Tarawasih, qiyamullail, dan tadarus Al-Qur'an. Pada bulan Syawal disunnahkan puasa enam hari Syawal. Pada bulan Dzulhijjah diperintahkan melaksanakan ibadah haji, dan puasa Arafah bagi kamu Muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Buku ini ibarat  nasihat sepanjang masa, karena mengupas amalan-amalan sunnah selama setahun menurut penanggalan Hijriyah, yakni dari bulan Muharram hingga Dzulhijjah. Namun dari kedua belas bulan tersebut, ada tiga bulan yang tidak masuk bab pembahasan, yakni Rabi'ul Akhir, Jumadil 'Ula, dan Jumadil Akhir. Penyebabnya, tidak ada amalan khusus yang berkaitan dengan bulan-bulan tersebut. Tetapi, penulis menambahkan tiga pembahasan, yakni musim semi, musim dingin, dan musim panas.

Penulis memulai bukunya dengan membahas keutamaan majelis zikir (mengingat Allah) dan keutamaan majelis ilmu, dan menutupnya dengan pembahasan  mengenai taubat.

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap Muslim, agar mengetahui dan mampu mengoptimalkan amal ibadahya sesuai dengan momen waktu-waktu yang utama. Seperti ditegaskan oleh penulis, "Ibadah yang paling utama adalah beramal berdasarkan keridhaan Allah pada setiap waktu  sesuai dengan tuntutan dan posisinya ketika itu."

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement