Ahad 29 Jan 2023 14:05 WIB

Camilan yang Satu Ini Bisa Memperlambat Pencernaan, Bikin Gemuk

Pencernaan bisa terganggu jika orang terbiasa menyantap makanan berlemak tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Biskuit (ilustrasi). Kebiasaan mengonsumsi produk bergula dan berlemak seperti biskuit atau kue bisa mengganggu kinerja sel astrocytes dalam mengontrol jalur kimia usus.
Foto: www.pixabay.com
Biskuit (ilustrasi). Kebiasaan mengonsumsi produk bergula dan berlemak seperti biskuit atau kue bisa mengganggu kinerja sel astrocytes dalam mengontrol jalur kimia usus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa makanan seperti biskuit, kue, burger, dan sausage roll terbukti bisa membuat tubuh bertambah gemuk. Menurut studi, hal ini bisa terjadi karena beragam jenis makanan tersebut mampu memperlambat pencernaan.

Sebelumnya, beragam percobaan pada tikus menunjukkan bahwa ada sel-sel bernama astrocytes yang berperan mengontrol jalur kimia di usus. Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti di Amerika Serikat, kebiasaan mengonsumsi produk bergula dan berlemak seperti biskuit atau kue bisa mengganggu kinerja sel astrocytes dalam mengontrol jalur kimia usus.

Baca Juga

"Kami menemukan bahwa paparan asupan makanan tinggi lemak atau kalori yang singkat memberikan efek terbesar pada astrocytes," jelas ketua tim peneliti Dr Kirsteen Browning dari Penn State University, seperti dikutip dari Independent, Ahad (29/1/2023).

Dr Browning mengatakan asupan kalori yang masuk ke dalam usus tampak diregulasi dalam jangka pendek oleh astrocytes. Ketika makanan junk food seperti kue atau biskuit dicerna di dalam tubuh, astrocytes akan bereaksi dengan melepaskan zat kimia bernama gliotransmitter.

Proses ini bertujuan untuk memastikan proses kontraksi lambung bekerja dengan baik agar proses mengisi dan mengosongkan lambung serta jalannya makanan dalam sistem pencernaan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Namun, studi terbaru menemukan bahwa asupan makanan berlemak atau berkalori tinggi seperti kue dan biskuit bisa membuat astrocytes menjadi kurang sensitif terhadap makanan berlemak tinggi.

Ketika astrocytes terganggu, pensinyalan kimia yang melibatkan gliotransmitter juga ikut terganggu dan bisa menyebabkan proses pencernaan melambat karena lambung tak bisa diisi dan dikosongkan dengan benar.

"Seiring waktu, astrocytes tampak menjadi tak sensitif terhadap makanan berlemak tinggi," jelas Dr Browning.

Tak butuh waktu lama untuk membuat astrocytes menjadi tak sensitif terhadap makanan berlemak tinggi. Berdasarkan studi, menyantap makanan berlemak tinggi atau berkalori tinggi selama 10-14 hari sudah dapat membuat astrocytes kesulitan untuk bereaksi.

"Dan kemampuan otak untuk meregulasi asupan kalori tampak terganggu," ujar Dr Browning.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement