Selasa 17 Sep 2024 13:04 WIB

Kecanggihan yang Bisa Dirasakan Pengguna iPhone dari iOS 18

IOS 18 menawarkan sejumlah kecanggihan baru bagi pengguna iPhone tertentu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang mengunduh iOS 18 (ILUSTRASI). Ada beberapa fitur unggulan yang bisa didapatkan di iOS 18.
Foto: Freepik
Seseorang mengunduh iOS 18 (ILUSTRASI). Ada beberapa fitur unggulan yang bisa didapatkan di iOS 18.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apple telah merilis iOS 18, pembaruan perangkat lunak terbaru untuk perangkat iPhone. Pembaruan perangkat lunak ini pertama kali diperkenalkan saat Worldwide Developers Conference (WWDC) Juni lalu, bersamaan dengan pengumuman tentang Apple Intelligence (AI) yang ternyata belum termasuk dalam pembaruan iOS yang dirilis pada Senin. Dilansir USA Today, Selasa (17/9/2024), berikut ini fitur baru yang dibawa iOS 18:

1. Kustomisasi layar utama dan pusat kontrol

Baca Juga

Layar utama iPhone kini dapat dibuat lebih estetik. Apple akhirnya memberikan lebih banyak opsi kustomisasi untuk layar utama iPhone. Dalam pembaruan iOS 18, pengguna dapat menempatkan ikon aplikasi dan widget dengan lebih fleksibel, hampir di mana saja selama ada ruang kosong di layar. Pengguna juga dapat memperbesar ikon aplikasi dan widget, serta memilih untuk menghapus nama aplikasi yang biasanya muncul di bawah ikon.

Selain itu, ada juga opsi pewarnaan, di mana pengguna dapat menerapkan warna apa pun pada aplikasi/widget atau mendapatkan saran warna yang cocok dengan wallpaper. Mode Gelap juga kini bisa diperluas hingga ke ikon aplikasi, sehingga ikon akan otomatis menyesuaikan ketika iPhone beralih ke mode gelap atau selalu dalam tampilan gelap. Lebih banyak kustomisasi tersedia di Pusat Kontrol, seperti pengelompokkan kontrol, kemampuan untuk mengubah ukuran kontrol, tampilan galeri untuk melihat semua kontrol yang tersedia, serta dukungan lebih lanjut untuk kontrol dari aplikasi pihak ketiga.

2. Pembaruan aplikasi pesan

Aplikasi Pesan di iOS 18 mendapatkan sejumlah pembaruan menarik, termasuk lebih banyak efek teks. Pengguna kini dapat menambahkan efek animasi seperti riak atau gerakan anggukan pada huruf, kata, dan emoji di iMessage. Selain itu, pengguna juga dapat memformat teks di Pesan, menambahkan huruf tebal, garis bawah, coretan, atau miring ke huruf dan kata.

Terdapat lebih banyak reaksi "Tapback", di mana pengguna dapat menambahkan emoji dan stiker terhadap pesan, serta kemampuan untuk mengakses reaksi Tapback yang paling sering digunakan oleh teman. Pengguna juga dapat menjadwalkan pesan dengan fitur “kirim nanti” untuk pengiriman di waktu tertentu. RCS (Rich Communication Services) kini tersedia, mencakup tanda terima pengiriman dan pembacaan pesan, serta resolusi yang lebih tinggi untuk foto dan video ketika berkirim pesan dengan pengguna non-iPhone.

3. Aplikasi Passwords

IOS 18 memperkenalkan aplikasi baru bernama Passwords. Sebelumnya, passwords atau kata sandi biasanya tersimpan di dalam pengaturan, namun kini jadi lebih mudah diakses. Kode verifikasi untuk autentikasi dua faktor juga dapat diatur di aplikasi ini.

4. Perubahan di aplikasi foto

Aplikasi Foto mendapatkan desain ulang di iOS 18. Koleksi foto akan diatur berdasarkan topik, dan pengguna bisa menyematkan koleksi tertentu atau mengatur koleksi secara lebih personal. Pengguna juga bisa melihat foto berdasarkan “hari-hari terbaru”.

Tombol filter baru akan memudahkan pengguna untuk melihat foto berdasarkan jenis media, favorit, atau kategori lain, yang membantu mengurangi kekacauan di perpustakaan foto. Sementara itu, Apple Intelligence, fitur berbasis AI baru yang banyak dibicarakan yang pertama kali diumumkan di WWDC, belum termasuk dalam peluncuran 1OS 18. Apple menyatakan bahwa pengguna akan merasakan fitur Apple Intelligence saat iOS 18.1 diluncurkan bulan depan.

Saat dirilis nanti, integrasi Apple Intelligence, yang akan tersedia untuk perangkat iPhone 16 baru serta model iPhone 15 Pro, akan menawarkan kemampuan untuk Siri, aplikasi Foto, dan berbagai aplikasi lainnya. Fitur ini akan membantu dalam menulis email, mencari dan mengatur file serta foto, dan melakukan tugas-tugas lainnya. Apple Intelligence juga akan menampilkan emoji buatan AI, yang disebut "Genmojis" dan fitur baru bernama Image Playground. Pembaruan tambahan dan fitur baru lainnya meliputi transkripsi audio langsung, peningkatan pada aplikasi Maps, fitur “Tap to cash” di Wallet, kemampuan untuk menyesuaikan lebar sinar senter, opsi untuk memulai ulang ponsel di Pusat Kontrol, pengaturan kontrol layar kunci yang lebih personal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement