Senin 12 Aug 2024 11:31 WIB

Permudah Akses Distribusi, Starlink Gandeng Perusahaan Lokal

Akses internet yang terjangkau sudah menjadi kebutuhan dasar di era digital.

PT Data Lake Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Starlink sebagai mitra resmi di Indonesia.
Foto: Data Lake
PT Data Lake Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Starlink sebagai mitra resmi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Data Lake Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Starlink sebagai mitra resmi di Indonesia. Dengan kerja sama ini, masyarakat semakin mudah memiliki perangkat Starlink sebagai layanan internet berkecepatan tinggi yang dapat diakses di mana saja di seluruh penjuru negeri.

CEO PT Data Lake Indonesia, Joshua Yaury, mengatakan kemitraan ini akan memudahkan konsumen mendapatkan produk Starlink secara resmi. Starlink bisa menjembatani kebutuhan koneksi internet masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil jauh dari jangkauan layanan internet.

Baca Juga

"Begitu pula untuk wilayah perkotaan yang sudah memiliki akses internet namun kecepatannya rendah dan sering putus,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/8/2024). Data Lake Indonesia menjadi satu-satunya mitra resmi yang dapat memberikan layanan untuk konsumen residensial dan enterprise.

Starlink menawarkan konektivitas andal dengan kecepatan internet yang tinggi melalui jaringan satelit di orbit yang lebih dekat dengan bumi. Perangkat dapat dipasang secara instan dengan koneksi yang mudah.

Menurut data terbaru dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sekitar 20 persen dari wilayah Indonesia masih mengalami keterbatasan akses internet berkualitas tinggi. Kecepatan internet di beberapa daerah terpencil sering kali jauh di bawah standar global, dengan banyak wilayah yang hanya memiliki akses ke koneksi yang lambat dan tidak stabil.

Dalam sebuah studi oleh Ookla pada tahun 2023, rata-rata kecepatan unduh internet di Indonesia tercatat hanya sekitar 25 Mbps, jauh di bawah standar negara maju. Di perdesaan dan wilayah luar Jawa, kecepatan ini sering kali lebih rendah, dan konektivitas sering terputus-putus.

Kerja sama Data Lake Indonesia dengan Hypermart & Lazada diharapkan bisa mengatasi tantangan jangkauan akses dan kesenjangan konektivitas. Produk Starlink siap pakai dipastikan pasokannya sehingga memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan sosial.

Deputy CEO PT Matahari Putra Prima sebagai holding company Hypermart, Jerry Goei, menyatakan akses internet yang terjangkau sudah menjadi kebutuhan dasar di era digital. Sementara jaringan Hypermart tersebar di sejumlah wilayah di Tanah Air. "Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan produk Starlink di gerai-gerai kami," ujarnya.

Kerja sama antara Hypermart dan Data Lake Indonesia menjadi salah satu strategi meningkatkan bisnis perusahaan menyediakan produk yang lengkap,” kata Jerry Goei menambahkan.

Produk Starlink tersedia untuk dibeli secara langsung di gerai-gerai Hypermart. Tahap pertama, produk Starlink dapat ditemukan di enam gerai yaitu Hypermart Puri Indah, Hypermart Supermall Karawaci, Hypermart Villa Melati Mas, Hypermart Mal Lippo Cikarang, Hypermart Cibubur Junction, dan Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya. Selain itu, konsumen juga dapat memperoleh produk Starlink secara online melalui platform eCommerce Lazada.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement