REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Billie Eilish kembali mencetak rekor baru. Pemenang Grammy dan Oscar ini telah menjadi artis ketiga yang berhasil melampaui 100 juta pendengar bulanan di Spotify, dan dia melakukannya hanya dengan 82 lagu dalam katalog musiknya.
Eilish mengikuti The Weeknd, yang memiliki 107 juta pendengar bulanan, dan Taylor Swift, yang memiliki 102 juta. Namun, kedua artis tersebut memiliki lebih dari dua kali lipat lagu di Spotify dibandingkan pelantun "Lunch" tersebut.
Pencapaian baru ini juga menjadikan Eilish yang berusia 22 tahun, sebagai artis termuda yang mencapai angka 100 juta pendengar bulanan.
"Spotify telah menjadi bagian dari kisah Billie sejak awal. Sejak 'Ocean Eyes', ia terus mengembangkan basis penggemarnya di seluruh dunia. Apa yang telah ia raih sejak 2016 cukup luar biasa dan semua ini terjadi pada usia 22 tahun," kata kepala musik global Spotify, Jeremy Erlich, seperti dilansir Hollywood Reporter, Senin (17/6/2024).
Pelantun "Birds of a Feather" ini juga saat ini memiliki delapan lagu di Billions Club platform musik tersebut, termasuk "Lovely" feat Khalid (2,8 juta streaming), "Bad Guy" (2,5 juta streaming), "When the Party's Over" (1,8 juta), "Everything I Wanted" (1,6 juta streaming), "Ocean Eyes" (1,4 juta), "Happier Than Ever" (1,3 juta), "Idontwannabeyouanymore" (1,09 juta), dan "Bury a Friend" (1,01 juta).
Eilish merilis album studio ketiganya bertajuk Hit Me Hard and Soft bulan lalu dan memulai debutnya di posisi kedua di tangga lagu Billboard 200. Kesepuluh lagu dari album ini juga memulai debutnya di 40 besar Billboard Hot 100.
Awal tahun ini, ia juga mencetak sejarah dengan menjadi pemenang Oscar dua kali termuda dengan kemenangan lagu orisinil terbaiknya untuk "What Was I Made For?" dari film Barbie.