Rabu 12 Jun 2024 10:02 WIB

Jelajahi iOS 18: Apa yang Canggih dan Menakjubkan?

IOS 18 akan berfokus pada kecerdasan buatan dan fitur AI generatif.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Calon konsumen memegang iPhone (ilustrasi). Apple baru saja mengumumkan peningkatan perangkat lunak utama berikutnya untuk iPhone yaitu iOS 18.
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Calon konsumen memegang iPhone (ilustrasi). Apple baru saja mengumumkan peningkatan perangkat lunak utama berikutnya untuk iPhone yaitu iOS 18.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple baru saja mengumumkan peningkatan perangkat lunak utama berikutnya untuk iPhone yaitu iOS 18. Pada acara utama WWDC, VP perangkat lunak Craig Federighi mendemonstrasikan sejumlah peningkatan baru yang hadir pada aplikasi Apple dan sistem operasi itu sendiri.

Dan seperti yang diharapkan, iOS 18 akan memberikan fokus utama pada kecerdasan buatan dan fitur AI generatif. Seperti iPad dan Mac, iPhone akan mendapatkan Apple Intelligence saat pembaruan perangkat lunak yang baru diluncurkan pada musim gugur ini.

Baca Juga

“Ini adalah momen besar, fitur AI baru yang komprehensif akan membantu pengguna mengirim email, menghemat waktu, dan mengekspresikan diri Anda dengan perintah yang mudah digunakan,” kata Federighi, dilansir The Verge, Rabu (12/6/2024).

Perusahaan memulai presentasinya dengan perubahan yang lebih konvensional. Pertama, homescreen lebih dapat disesuaikan sehingga bisa menempatkan ikon dengan lebih fleksibel. Dalam mode gelap, ikon aplikasi akan memiliki warna yang lebih gelap agar lebih mudah dilihat.

 

Control Center juga semakin canggih. Pengguna akan dapat menggeser di antara beberapa halaman kontrol dan beralih ke fitur-fitur terpenting, dengan kontrol media dan smart home yang ditempatkan secara menonjol. Aplikasi pihak ketiga akan dapat menawarkan integrasi Control Center untuk pertama kalinya. Dan iOS 18 juga memungkinkan pengguna mengganti ikon kamera dan senter default di layar kunci dengan tombol Control Center apa pun yang diinginkan.

IOS 18 juga meningkatkan privasi dengan memungkinkan pengguna untuk meminta autentikasi untuk aplikasi apa pun yang dipilih. Kini pengguna juga dapat secara khusus mengontrol kontak mana saja yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Pesan juga menjadi lebih ekspresif. Pengguna dapat menggunakan emoji apa pun dalam respons Tapback - dan akan ada format baru untuk huruf tebal, garis bawah, coretan, dan huruf miring. Apple juga memperluas komunikasi satelit iPhone untuk memungkinkan pengiriman pesan melalui satelit. Apple juga memberikan opsi menjadwalkan pesan, yang tidak dimiliki oleh Google Messages.

Peningkatan pada aplikasi Mail bawaan Apple mencakup kategorisasi yang lebih baik, dengan penyortiran otomatis seperti Gmail untuk transaksi, pembaruan, dan promosi. Untuk saat-saat ketika Anda lebih fokus pada game daripada produktivitas, Mode Game baru iOS 18 dapat meminimalkan aktivitas latar belakang untuk performa terbaik dan latensi terendah dengan gamepad atau AirPods yang terhubung.

Apple juga menjanjikan perombakan aplikasi Foto terbesar yang pernah ada dengan iOS 18 saat perusahaan ini bersaing dengan Google Photos di Android. Yang lebih penting, aplikasi ini sekarang dioptimalkan untuk menangani libraries yang terus berkembang dan bertambah dari pengguna. Ini termasuk penyortiran wajah dan kemampuan untuk menyematkan koleksi ke bagian atas untuk akses yang lebih cepat.

Foto juga akan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengelompokkan orang dan hewan peliharaan secara otomatis ke dalam koleksi yang dapat diakses pengguna melalui tampilan korsel aplikasi yang baru.

Terkait fitur AI, Apple mengatakan bahwa Apple Intelligence - dan juga iOS 18 - akan memahami pengguna secara lebih baik daripada layanan lainnya. Di antara sekian banyak kemampuan sistemnya, pengguna akan dapat dengan mudah membuat gambar dalam pesan.

“IOS sekarang akan dapat memprioritaskan pemberitahuan dengan cara yang lebih cerdas, menunjukkan kepada Anda apa yang paling penting sebelum Anda beralih ke daftar lengkap. Asisten Siri Apple akan mendukung interaksi yang lebih alami dan dapat menjawab lebih banyak pertanyaan,” demikian penjelasan Federighi.

Siri juga dapat mengambil tindakan dalam aplikasi iPhone atas nama pengguna. Pengguna bisa memintanya untuk mengambil foto, mengedit gambar, atau memindahkan item di berbagai aplikasi. Sebagai salah satu contoh, Apple mengatakan bahwa Siri dapat mengambil foto SIM pengguna, secara otomatis mengambil nomornya, dan menempelkannya ke dalam formulir. Apple Intelligence akan diluncurkan dalam versi beta musim gugur ini di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, dengan integrasi ChatGPT yang akan hadir akhir tahun ini.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement