Sabtu 08 Jun 2024 10:06 WIB

Keajaiban Kafein untuk Kesehatan dan Potensi Efek Negatifnya, Simak Panduan Minum Kopi Ini

Konsumsi kafein, yang ada dalam kopi, menurunkan risiko terkena Alzheimer.

Meminum kopi (ilustrasi), Kopi yang mengandung kafein punya banyak manfaat, tapi bisa menjadi berbahaya jika tidak melebihi batas.
Foto:

Kafein tidak hanya dapat mempengaruhi seberapa sulitnya untuk tidur, tetapi juga dapat mempengaruhi seberapa banyak tidur nyenyak yang Anda dapatkan, kata Alex Ruani, peneliti doktoral pendidikan ilmu gizi di University College London. Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa adenosin memiliki efek anti-inflamasi terhadap gangguan imun dan inflamasi.

Seberapa banyak kafein yang terlalu banyak? Tidak ada pedoman khusus di Inggris, tetapi Otoritas Keamanan Pangan Eropa EFSA menyarankan orang sehat untuk minum tidak lebih dari 400mg per hari, dan tidak lebih dari 200mg dalam satu minuman.

Secara umum, minum antara 200 dan 300mg kopi per hari lebih baik daripada tidak meminumnya sama sekali, kata Bailey. Namun rekomendasi tersebut bisa jadi agak sia-sia ketika kita tidak tahu berapa banyak kandungan kafein dalam minuman tertentu, yang sangat bervariasi. Hal ini karena varietas biji kopi yang berbeda, jumlah bubuk kopi yang digunakan, dan persiapan minuman itu sendiri yang semuanya dapat mempengaruhi.

Kelebihan asupan kafein mungkin menyebabkan mual, cemas, dan mudah tersinggung, dan mengalami sakit kepala. Namun, konsumsi kopi dalam jumlah sedang sekitar dua atau tiga cangkir per hari belum dikaitkan dengan efek samping negatif yang serius pada orang sehat, kata Jacobson.

Jika orang perlu tiba-tiba berhenti mengonsumsi kafein, ia menyarankan untuk melakukannya secara bertahap selama beberapa hari. Ini demi menghindari gejala putus zat.

Perbedaan genetik manusia juga dapat memengaruhi sejauh mana kebiasaan mengonsumsi kopi dapat meningkatkan manfaat kesehatan.

"Beberapa orang mungkin mengalami tekanan darah tinggi karena minum minuman berkafein, beberapa tidak. Beberapa mendapat manfaat pelindung jantung sebagian mungkin tidak. Ini mungkin berkontribusi pada beberapa temuan yang bertentangan terkait dengan manfaat kesehatan kopi," kata Ruani. 

Jadi bagaimana kita harus mengonsumsi kopi yang kafein? Kafein adalah "obat" yang unik karena sangat mudah didapat. Namun, yang membuatnya jadi rumit adalah mengonsumsinya dalam jumlah sedang jika sudah ketagihan.

Bailey memberikan saran, jika kita kesulitan untuk rileks dan merasa gelisah, mungkin kita telah mencapai ambang batas konsumsi kafein harian. Namun, tanda yang paling mudah dan mencolok, katanya, adalah kesulitan tidur di malam hari.

"Selalu tolak kopi di akhir makan malam, dan mintalah kopi tanpa kafein sebagai gantinya. Tidur sangat penting bagi otak," kata Bailey mengingatkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement