Sabtu 08 Jun 2024 10:06 WIB

Keajaiban Kafein untuk Kesehatan dan Potensi Efek Negatifnya, Simak Panduan Minum Kopi Ini

Konsumsi kafein, yang ada dalam kopi, menurunkan risiko terkena Alzheimer.

Meminum kopi (ilustrasi), Kopi yang mengandung kafein punya banyak manfaat, tapi bisa menjadi berbahaya jika tidak melebihi batas.
Foto:

Studi menunjukkan bahwa kopi juga dapat berpengaruh pada seberapa baik kita berolahraga. Satu studi terhadap pesepeda amatir menemukan bahwa kopi dapat meningkatkan performa fisik hingga 1,7 persen. Kafein juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Kopi - bukan teh - secara konsisten terbukti dapat melindungi dari depresi. Ada juga bukti bahwa antagonis adenosin, termasuk kafein yang memblokir reseptor adenosin, bermanfaat bagi otak yang menua, kata Jacobson.

“Kafein itu sendiri, dan molekul lain yang lebih kuat seperti kafein sintetis, telah dipelajari secara klinis dan terbukti bermanfaat bagi manusia dengan penyakit neurodegeneratif, termasuk demensia Alzheimer,” katanya.

Penelitian telah mengaitkan konsumsi kafein dengan penurunan risiko terkena Alzheimer hingga 60 persen. Salah satu penjelasannya, kata Bailey, adalah karena kafein meningkatkan aliran darah ke otak. Otak membakar bahan bakar dalam jumlah yang sangat besar. Meskipun beratnya hanya sekitar 2 persen dari berat badan kita, otak menyumbang lebih dari seperempat dari seluruh kebutuhan energi tubuh kita.

“Namun, meskipun kemampuan kafein untuk meningkatkan aliran darah ke otak adalah hal yang baik, hal ini juga dapat memicu sakit kepala, sehingga kafein merupakan faktor risiko bagi penderita migrain,” katanya.

Pedoman nasional di Inggris, dan AS, menyarankan untuk membatasi kafein hingga 200 mg per hari saat hamil. Namun, dalam analisis terhadap 37 penelitian, 32 penelitian menemukan bahwa kafein secara signifikan meningkatkan risiko hasil kehamilan yang merugikan. Ini dapat mencakup ibu yang mengembangkan diabetes gestasional atau preeklamsia, atau pertumbuhan janin yang terbatas. Ini karena kafein mudah melewati plasenta.

Para peneliti telah menemukan bahwa, untuk keguguran dan kelahiran mati, ada peningkatan risiko untuk setiap kenaikan 100 mg, dan angka kelahiran rendah dari 10 mg per hari. Kafein juga masuk melalui ASI ke bayi yang disusui, kata Jack James, profesor di Universitas Reykjavík di Islandia.

"Meskipun konsentrasi kafein dalam darah bayi lebih rendah daripada ibu, penting untuk dicatat bahwa bayi tidak dapat memetabolisme kafein," katanya.

Kafein tidak hanya dapat memengaruhi seberapa sulitnya untuk tidur, tetapi juga dapat memengaruhi seberapa banyak tidur nyenyak yang Anda dapatkan. Memaparkan bayi pada kafein dengan cara ini dapat menyebabkan mereka merasakan gejala putus kafein.

"Telah ditetapkan dengan kuat bahwa kafein mengganggu tidur pada orang dewasa dan bahwa konsumen biasa menjadi tergantung secara fisik, dibuktikan dengan berbagai efek putus kafein yang mengganggu," katanya.

Gejala-gejala ini, tambahnya, dapat terjadi segera setelah enam jam setelah menghindari kafein, terutama di antara para pengonsumsi kafein harian, dan gejala-gejalanya dapat meliputi sakit kepala dan mudah tersinggung.

"Meskipun hanya ada sedikit penelitian tentang gejala putus kafein pada bayi, kita dapat berasumsi bahwa efek-efek seperti itu yang sejajar dengan yang dialami oleh orang dewasa kemungkinan besar akan mengganggu," katanya.

Kafein tidak hanya...

photo
Infografis Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi - (republika.co.id)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement